Tuntut Pilkades Ulang, Massa Rusak Kantor Desa Oi Panihi - Bima News

Kamis, 07 Juli 2022

Tuntut Pilkades Ulang, Massa Rusak Kantor Desa Oi Panihi

Kantor Desa
Pagar bagian depan Kantor Desa Oi Panihi, Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima dirobohkan warga. Mereka menuntut Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) diulang, karena mencurigai panitia Pilkades curang
 

BimaNews.id, Bima-Puluhan warga merusak kantor Desa Oi Panihi, Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima, sekitar pukul 15.00 Wita, Kamis (07/7). Aksi massa pendukung calon itu karena mencurigai panitia Pilkades setempat curang.

Akibatnya kantor desa setempat rusak parah. Tembok bangunan dibobol dengan palu. Sedangkan pagar tembok depan kantor telah dirobohkan oleh massa setempat.

Dengan kejadian itu, penghitungan surat suara di Desa Oi Panihi dihentikan sementara.

Seorang warga Oi Panihi  meminta namanya diinisialkan NS mengatakan, reaksi warga muncul saat penghitungan surat suara peti 2.  Warga curiga karena melihat banyak surat suara yang rusak.

"Penghitungan surat suara pada kotak kedua saat itu tidak dilanjutkan karena dihentikan warga," tuturnya.

Adanya larangan warga  tersebut, panitia bersama unsur Muspika mengamankan kotak surat suara Pilkades Oi Panihi ke Kantor Kecamatan Tambora.

 

 

 

Pada Rabu malam sambung NS, pemerintah Kecamatan Tambora mengundang para calon untuk mencari solusi atas persoalan itu.

"Tiga calon maupun saksi para calon hadir di kantor Kecamatan malam itu. Hanya satu calon yang tidak hadir malam itu," ungkapnya.

Kamis (07/07) pagi,  calon yang tidak hadir malam hari sebelumnya  justru hadir sendiri  di kantor kecamatan.   Sementara saksi dari para calon tidak ada yang menjaga kotak suara di kantor kecamatan terrsebut.

‘’Hal itulah yang mengundang kecurigaan warga," bebernya.

Selain itu kata NS, saat perhitungan suara, saksi diminta tanda tangan lebih awal berita acara sebelum surat suara dihitung. Kemudian tidak memberitahu apa isi surat yang ditanda tangan itu.

Dugaan kecurangan makin menguat, panitia tidak muncul di Desa Oi Panihi, padahal warga butuh penjelasan terhadap masalah yang terjadi.

"Sekarang warga Oi Panihi menuntut pemilihan ulang," terangnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Kabupaten Bima, H Putarman dihubungi via WhatsApp, membenarkan ada persoalan yang muncul pada Pilkades Oi Panihi.

"Benar ada muncul reaksi warga merusak Kantor Desa Oi Panihi. Sejauh ini saya belum tau persis apa penyebabnya karena Camat Tambora belum bisa dihubungi," katanya. (fir)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda