Pilkades Oi Panihi Berakhir, Calon Nomor 3 Pemenang Raih 169 Suara - Bima News

Jumat, 08 Juli 2022

Pilkades Oi Panihi Berakhir, Calon Nomor 3 Pemenang Raih 169 Suara

Hitung
Suasana penghitungan lanjutan  perolehan suara Pilkades Oi Panihi di Kantor Camat Tambora Kamis malam (07/7) .
 

Kantor Dirusak,  Aktivitas Pemerintah Desa Lumpuh Total

BimaNews.id, Bima-Tuntutan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Oi Panihi diulang diabaikan panitia. Penghituangan suara yang sempat ditunda dilanjutkan di Kantor Camat Tambora, Kamis malam (07/7).

Penghitungan suara berakhir Jum'at dinihari  (08/7) sekitar pukul 02.00 Wita.  Hasilnya, suara tertinggi diraih calon nomor urut 3, Sri Kurniati Ningsih, SE  dengan 169 suara dari total DPT 636 orang.

Camat Tambora, Fadillah, SS dihubungi mengatakan,  penghitungan lanjutan suara pada Pilkades Oi Panihi telah tuntas dilaksanakan panitia.

"Hitungan lanjutan suara dilaksanakan tadi malam (Kamis) di kantor kecamatan, berlangsung lancar dan aman," ujarnya.

Saat penghitungan lanjutan, jelas dia, tidak ada kendala yang dihadapi panitia. "Calon nomor urut 3 sebagai pemenang dengan meraih 169 suara," ungkapnya.

Usai penghitungan sambung dia, panitia Pilkades langsung menetapkan Sri Kurniati Ningsih sebagai calon Kepala Desa Oi Panihi terpilih.

Menyinggung aktivitas pemerintah desa Oi Panihi setelah kantor dirusak massa, diakui lumpuh total."Semua perabot dan dokumen di Kantor Desa Oi Panihi dibakar massa. Sarana perkantoran lain rusak parah," terangnya.

Untuk sementara, pihaknya tengah mengupayakan mencari fasilitas lain agar roda pemerintahan dan pelayanan pada masyarakat tetap berlangsung.

"Lingkungan kantor desa yang dirusak massa telah dipasang garis polisi dan Kapolres Bima turun langsung memantau perkembangan situasi," tuturnya.

Pemerintah maupun Kepolisian mengimbau masyarakat agar tidak mudah terpancing dengan aksi maupun ajakan yang bersifat provokatif.

"Akar persoalan di Oi Panihi sebenarnya kaitan kinerja panitia dengan banyaknya suara batal. Muncul asumsi masyarakat kalau panitia tidak melaksanakan sosialisasi tata cara coblos pada pemilih," jelasnya.

Berdasar hasil akhir penghitungan perolehan suara, total Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkades Oi Panihi sebanyak 636 suara.

Total suara sah yang diperoleh 4 calon sebanyak 454 suara, suara batal sebanyak 154 suara dan yang tidak memilih atau Golput sebanyak 28 suara.

Dia menghimbau kepada calon maupun pendukung, apabila keberatan dengan hasil Pilkades, untuk menempuh jalur dan mekanisme yang telah diatur.

"Panitia sudah melakukan tugas sesuai dengan baik, sesuai tata tertib yang telah disepakati bersama. Tidak ada tahapan Pilkades yang dilewati atau tidak dilaksanakan oleh panitia," tandasnya. (fir)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda