Pembayaran TPP ASN Hanya 10 Bulan, Pemkot Akui Sesuai Kemampuan Anggaran - Bima News

Rabu, 27 Juli 2022

Pembayaran TPP ASN Hanya 10 Bulan, Pemkot Akui Sesuai Kemampuan Anggaran

M Saleh
M. Saleh Yasin
 

BimaNews.id, Kota Bima-Pemerintah Kota telah membayar Tambahan Penghasilan  Pegawai (TPP) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2022. Jumlahnya hanya selama 10 bulan.

Pembayaran TPP hanya 10 bulan tengah bumming dikalangan ASN di Kota Bima. Ketika dijumpai wartawan, sejumlah ASN enggan namanya dipublikasikan.

"Kami ini dapat informasi, TPP  tahun ini hanya dibayar 10 bulan," kata seorang ASN di lingkup Pemkot Bima.

Kenapa hanya 10 bulan? Ia mengaku tidak tahu.

Kepala BPKAD Kota Bima, M. Saleh membenarkan,  pembayaran TPP ASN lingkup Pemkot Bima tahun 2022 hingga bulan Oktober. Tidak berarti,  dua bulan terakhir, November dan Desember tidak dibayarkan.

"Ini sekarang sedang kami bahas, makanya rapat terus. Ya itu, membahas anggaran TPP dua bulan pada APBD perubahan," tuturnya.

Dinamika program dan anggaran diakui, membuat Pemkot Bima tidak bisa menganggarkan sekaligus pembayaran TPP dalam APBD murni tahun 2022.

Hanya dianggarkan 10 bulan. Sisanya, akan diupayakan pada APBD Perubahan. "Ini sedang kami upayakan," kataya.

Jumlah TPP yang harus dibayarkan untuk sisa dua bulan, Rp 12 miliar dengan jumlah ASN 3.000 lebih. ASN ini, terbagi atas PNS dan PPPK, dengan nilai yang berbeda.

"Kan pembayaran TPP itu dikembalikan pada kemampuan keuangan daerah, itu kuncinya. Anggaran kita hanya Rp 700 miliar lebih setahun," jelasnya. (fir)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda