- Bima News

Kamis, 14 Juli 2022

 

Angka Pengganguran di Kota Bima Tertinggi Ketiga di NTB

Nganggur
Ilustrasi
 

BimaNews.id, Kota Bima-Jumlah pengangguran (ralat: bukan jumlah penduduk miskin) di Kota Bima tertinggi ketiga dari 10 daerah di Provinsi NTB.

Kepala BPS Kota Bima, Ir. Peter Willem mengatakan, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kota Bima tahun 2021 mencapai 3.560 jiwa atau 3,01 persen. Kata dia, jumlah itu tertinggi ketiga dari 10 kabupaten dan kota di NTB. Urutan pertama di Kota Mataram, kedua Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

"Ini data tahun 2021. Data tahun 2022 belum ada karena masih diproses " katanya kepada sejumlah wartawan, Rabu (13/7).

Ini berdasarkan pendataan TPT oleh BPS melalui survei. Jadwal tingkat nasional antara Bulan Februari sampai dengan Agustus.

Sedangkan tingkat Provinsi dan kabupaten/kota dilaksanakan bulan Agustus atau September. "Untuk pendataan tahun 2022 sedang diproses. Survei tingkat daerah dilaksanakan pada bulan Agustus," katanya.

Persentase TPT disesuaikan dengan jumlah pengangguran terhadap usia angkatan kerja di atas 15 tahun. "Ada konsep ketenagakerjaan yang digunakan. Penduduk dibagi usia kerja dan bukan usia kerja," ujarnya.

Dia menegaskan, TPT Kota Bima dalam tiga tahun terakhir mengalami kenaikan yang signifikan.

Terhitung sejak tahun 2018 berkisar 2,39 persen, kemudian naik tahun 2019 sekitar 4,18 persen dan tahun 2020 mencapai 4,42 persen. "Tahun 2021, menurun menjadi 3,01 persen," sebutnya.

Penurunan TPT Kota Bima tahun 2021 karena beberapa faktor.  Seperti, penduduk yang mulai mendapatkan pekerjaan baru atau aktif kembali bekerja.

Kemudian pegawai terkena PHK beralih menjadi pedagang online.

Selain itu, hotel dan sekolah yang sudah mulai aktif, membuat para pedagang berjualan kembali. Termasuk, munculnya minimarket, usaha-usaha baru yang banyak menyerap tenaga kerja lokal.

"Pandemi Corona yang saat ini masih berlangsung tidak membuat penduduk kehilangan pekerjaan. Malah yang ada muncul usaha-usaha baru," pungkasnya. (fir)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda