Proyek Dam BWS di Bima Rp 8 Miliar Terbengkalai - Bima News

Kamis, 23 Juni 2022

Proyek Dam BWS di Bima Rp 8 Miliar Terbengkalai

Dam
Rehabilitasi Dama Ncera, Kecamatan Belo, Kabupaten Bima terbengkalai. Tanggul yang jebol akibat banjir belum diperbaiki dan sejumlah pekerjaan lain juga  tidak dituntaskan, padahal anggarannya Rp 8 miliar. 
 

BimaNews.id, Bima-Pekerjaan rehabilitasi tanggul Dam Ncera di Desa Ncera, Kecamatan Belo, Kabupaten Bima jebol.

Proyek senilai Rp 8 miliar dari satuan kerja Balai Wilayah Sungai (BWS) NTB I itu dimulai Oktober 2021. Saat ini tidak terlihat ada aktivitas sama sekali di lokasi proyek.

Perbaikan Dam Ncera merupakan pekerjaan Remedial Bendungan Nusa Tenggara I di Pulau Sumbawa Tahun 2021.

Proyek Dam Operational Improvement and Safety Project (DOISP II). Proyek peningkatan operasional dan keselamatan Dam dan Bendungan dengan anggaran Rp 8 miliar, bersumber bantuan Bank Dunia.

Kepala Desa Ncera, Idris S.Pd membenarkan, pekerjaan rehabilitasi tanggul Dam Ncera jebol. Proyek tersebut tidak dituntaskan hingga 100 persen.

"Sekitar 20 meter tanggul bawah sudah jebol. Saya tidak tahu persis penyebabnya.  Lagian proyeknya belum tuntas dikerjakan,"  katanya saat dikonfirmasi, Kamis (23/6).

Informasi yang dia peroleh, kerusakan itu terjadi akibat arus air yang meningkat saat tahapan pengerjaan tahun 2021 lalu.

"Kerusakan diperparah banjir bandang akhir tahun lalu," terangnya.

Proyek itu dikerjakan  sekitar bulan Agustus 2021. Pada Desember 2021 dihantam banjir.

Setelah kejadian itu, pelaksana proyek tidak melanjutkan pekerjaan. Proyek dibiarkan begitu saja, tidak dituntaskan.

"Selain tanggul jebol.  Lantai cor yang rusak belum diperbaiki. Bagian kolam juga tidak dikerjakan," bebernya.

Menindaklanjuti kondisi itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pelaksana proyek dan BWS di Bima, mempertanyakan kelanjutan pengerjaan proyek itu.

"Sudah kami laporkan dan tanyakan ke pelaksana serta pihak BWS di Bima. Katanya, akan segera dikerjakan," katanya.

Menyusul debit air kolam Dam mulai mengering. Dia berharap pekerjaan proyek bisa dilanjutkan agar bisa dimanfaatkan petani.

"Janjinya akan dituntaskan setelah air kolam kering, kami harap secepatnya direalisasikan," desaknya.

Informasi yang dihimpun, item pekerjaan proyek rehab Dam Ncera meliputi peningkatan kinerja Bendungan dan Dam  untuk penyediaan air baku dan air irigasi. Peningkatan umur ekonomis bendungan melalui perbaikan dan rehabilitasi, untuk meningkatkan keamanan dan fungsi Dam dan Bendungan.

Di Kabupaten Bima, ada dua lokasi rehablitasi. Yakni paket pekerjaan rehab Dam Ncera dengan Bendungan Kowo, Kecamatan Sape. (fir)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda