Lima Tahun Kasus Dugaan Korupsi Alat Peraga TK/PAUD Kota Bima Belum Ada Tersangka - Bima News

Sabtu, 11 Juni 2022

Lima Tahun Kasus Dugaan Korupsi Alat Peraga TK/PAUD Kota Bima Belum Ada Tersangka

APE
Ilustrasi
 

BimaNews.id, KOTA BIMA-Penanganan kasus dugaan korupsi pengadaan Alat Peraga Edukasi (APE) TK PAUD pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota oleh Kejaksaan Negeri Raba Bima belum juga ada titik terang.  Padahal telah ditangani sejak 2018 lalu.

Kasi Intel Kejari Bima Andi Sudirman, SH mengaku,  kasus tersebut masih dalam tahap penyelidikan. "Sejauh ini terus kita selidiki," katanya di temui di Kantor Kejaksaan Negeri Bima, Jum'at (10/06).

Pihaknya belum bisa menyimpulkan apakah ada unsur pidana atau tidak dalam kasus itu. Masih mencari penyempurnaan unsur materil atas masalah itu.

 "Masih kita cari harga pembanding untuk mengetahui unsur materilnya," sebut Sudirman.

Kejari Bima katanya, tetap komit untuk menuntaskan kasus tersebut hingga ada titik terang. "Pak Kajari juga berkomitmen untuk menyelesaikan semua tunggakkan kasus. Kebetulan pak Kasi Pidsus baru beberapa hari dilantik, kita kasi kesempatan beliau untuk pelajari dulu," katanya.

Kasus dugaan korupsi tersebut mulai menggelinding ke tahun 2018 silam. Kala itu Dinas Dikbud Kota Bima mengadakan APE untuk 94 TK/PAUD di Kota Bima.

Diduga, barang yang dibeli tidak sesuai spek. Kemudian jumlah barang yang diterima TK/PAUD tidak sesuai dengan yang dipesan serta ada selisih harga yang ditengari terjadi Mark up.

Bantuan APE TK/PAUD negeri dan swasta ini menelan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) yang didistribusikan melalui APBD Kota Bima tahun anggaran 2018 sebesar Rp3,7 Miliar.

 Untuk TK/PAUD negeri, mendapat bantuan Rp 1,9 Miliar sedangkan TK/PAUD swasta Rp1,8 Miliar.

TK/PAUD mendapatkan bantuan ini langsung dalam bentuk barang yang disediakan produsen. Berupa alat peraga hitung dan baca tulis.

Alat peraga itu sudah disalurkan ke TK/PAUD penerima, namun tidak dapat dimanfaatkan. (fir)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda