Diduga Salah Paham, Puluhan Warga di Bima Seruduk Kios Pupuk Bersubsidi - Bima News

Selasa, 14 Juni 2022

Diduga Salah Paham, Puluhan Warga di Bima Seruduk Kios Pupuk Bersubsidi

Warga mendatangi kios pengecer pupuk di Desa Donggobolo, Kecamatan Woha karena mencurigai ada pembagian pupuk bersubsidi malam hari. Kejadian sekitar pukul 22.00 Wita, Senin (13/6)

 BimaNews.id, BIMA- Puluhan warga di Desa Donggobolo, Kecamatan Woha,  Kabupaten Bima mendatangi kios pengecer pupuk bersubsidi sekitar pukul 22.00 Wita, Senin (13/06). 


Kehadiran mereka karena melihat ada pupuk didrop malam hari.

Syamsuddin, warga setempat menceritakan, puluhan warga itu mendatangi rumah pemilik UD Udayana, pengecer resmi pupuk bersubsidi di Desa Donggobolo.

Sebelum muncul reaksi spontan warga,  mencuat kabar pupuk subsidi jenis Urea telah didrop ke kios itu. 

"Ada warga yang datang berkelompok juga," katanya.

Warga mencurigai pembagian pupuk oleh pemilik kios tidak merata. "Ada warga yang melihat satu orang  membawa beberapa zak," ujarnya.

Distributor pupuk wilayah Woha, Lia Membenarkan ada reaksi dari warga itu. Kejadian itu kata dia,  hanya karena salah paham saja.

"Ada 2 ton pupuk yang kita drop ke Donggobolo tadi malam. Kenapa malam hari? Karena khawatir tidak sampai ke gudang pengecer, mengingat pengalaman kita sebelumnya," jelas Lia.

Secara aturan jelasnya, tidak ada batasan waktu kapan pupuk bersubsidi didrop. Pihak distributor bertanggung jawab agar pupuk bersubsidi sampai dengan aman ke gudang pengecer.

"Pupuk didrop malam hari inisiatif kita untuk menjaga agar tidak dijarah orang di jalan. Sebab, di Donggobolo sering ada kejadian seperti itu ketika ada pupuk yang didrop," tuturnya.

Kaitan isu pembagian oleh pengecer yang tidak merata, dia memastikan itu hanya isu. 

"Faktanya, pengecer memberi pupuk pada kelompok tani untuk dibagikan pada anggotanya. Mungkin kebetulan saja, ketua kelompok tani itu keluarga pengecer. Meski begitu,  tetap berhak menerima pupuk karena namanya ada dalam RDKK," timpalnya. (fir)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda