359 Warga di Kota Bima Terserang Cikungunya - Bima News

Thursday, 23 June 2022

359 Warga di Kota Bima Terserang Cikungunya

Ahmad
Ahmad, S.Sos
BimaNews.id, Kota Bima-Jumlah warga Kota Bima yang terserang Cikungunya tercatat sebanyak 359 orang. Dari jumlah itu, yang masih menjalani perawatan di sejumlah pusat kesehatan tersisa 58 orang.

Meski terjadi lonjakan warga yang menderita akibat gigitan nyamuk Aedes Aegypti, namun tidak ada yang meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima, Ahmad S.Sos mengatakan, warga yang terserang Cikungunya ini tersebar pada 21 dari 41 kelurahan di Kota Bima. Terbanyak di Kelurahan Penaraga, 59 orang. Menyusul Dodu 50 orang, Matakando 45, Lampe 43, Mande 38, Jatibaru 22, Kelurahan, Kelurahan Dara, 17  Penana'e 15, Melayu 14, Kendo 13 orang, Manggemaci 12 orang.

Kemudian di Raba Dompu Barat 5 orang, Kelurahan Rabangodu Utara dan Ule masing-masing 4 orang. ‘’Di Kelurahan Monggonao, Tanjung masing-masing 3 orang, kemudian Sadia, Sambina’e dan Paruga masing-masing 2 orang,’’ rincinya.

Meningkatnya jumlah warga yang diserang cikungunya di Kota Bima  kata Ahmad, akibat tingginya mobilitas warga, tidak disertai keadaran menjaga kebersihan lingkungan. Sehingga jentik nyamuk berkembang biak dengan pesat.

"Penyakit Cikungunya muncul karena rendahnya kesadaran kita menjaga kebersihan lingkungan,’’ katanya.

Ahmad mendorong pemerintah kelurahan menggerakan masyarakat membersihkan lingkungan. Apalagi akunya, Dikes sudah alokasikan anggaran untuk pencegahan penyakit tersebut.

Penyakit Cikungunya diakui, tidak mengakibatkan pasien meninggal dunia. Karena virus akibat gigitan nyamuk ini menyerang bagian persendian. Dengan gejala, demam, nyeri otot, sakit kepala dan kelelahan. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda