Kerugian Kebakaran 61 Unit Rumah di Renda Rp 9,4 Miliar - Bima News

Senin, 09 Mei 2022

Kerugian Kebakaran 61 Unit Rumah di Renda Rp 9,4 Miliar

Kabakaran
Kabakaran di Desa Renda beberapa waktu lalu
 

BimaNews.id, BIMA- Kerugian akibat kebakaran yang menghanguskan 61 rumah di Desa Renda, Kecamatan Belo pada Sabtu (30/4) lalu ditaksir Rp 9.498.200.000.

"Dari hasil pendataan kami per Sabtu (7/5), angka kerugian lebih kurang sebanyak itu,"  sebut Kabag Prokopim Setda Kabupaten Bima Suryadin MSi, Senin (9/5).

Terhadap dampak dari kebakaran tersebut, pihaknya akan melaporkan ke pemerintah Provinsi NTB,  kemudian diteruskan ke pemerintah pusat.

Mulai dari kerugian harta benda hingga dokumen penting seperti ijazah, sertifikat tanah, Administrasi Kependudukan (Adminduk) dan lain-lain. "Laporan ini sebagai syarat untuk mendapatkan bantuan," terangnya.

Misalnya diakomodir, pemerintah jelas  Suryadin tidak menanggung kerugian harta benda.  Seperti bawang dan barang berharga lain yang terbakar.

Pemerintah hanya membantu biaya pembangunan rumah. "Untuk nominal bantuan setiap rumah saya belum tahu pasti," terangnya.

Jika mengacu pada bantuan korban kebakaran di Kecamatan Sape tahun lalu. Setiap rumah kata Suryadin  mendapat Rp 45 juta. 

"Rinciannya, Rp 20 juta dari Pemkab Bima dan Rp 25 juta dari Pemerintah Provinsi NTB," terang bang Yan sapaan akrab Kabag Prokopim Setda Kabupaten Bima ini.

Usai kebakaran akhir Maret lalu, Pemkab Bima telah teken MoU dengan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bima. Mereka akan membantu penanganan jika terjadi kebakaran dikemudian hari.

"Ketika kebakaran akan cepat ditangani, sehingga tidak banyak dampak yang ditimbulkan," bebernya.

Saat ini kata dia, Kecamatan Belo akan ada pengadaan satu unit mobil Damkar baru. Sembari memperbaiki  armada yang rusak sebelumnya. (jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda