Cegah Virus Hepatitis Akut, Warga Diminta Tidak Makan di Luar - Bima News

Minggu, 15 Mei 2022

Cegah Virus Hepatitis Akut, Warga Diminta Tidak Makan di Luar

Yan
Suryadin, M.Si

BimaNews.id, BIMA-Menyusul 9 orang anak dan 1 orang lain meninggal dunia akibat diserang penyakit menyerupai hepatitis akut, Pemerintah Kabupaten Bima bergerak cepat.

Memantau persiapan fasilitas kesehatan untuk mempercepat penanganan. Jika hasil uji laboratorium terhadap anak-anak tersebut positif terjangkit virus hipetitis akut.

Kabag Prokopim Setda Kabupaten Bima Suryadin M.Si mengaku, belum mengetahui protap penanganan penyakit tersebut. Apakah nanti dibentuk Satuan Tugas (Satgas) baru atau tidak.

"Di Dikes sudah ada Satgas penanganan jenis penyakit lain. Apakah nanti pakai yang itu atau bentuk Satgas khusus," jelasnya beberapa waktu lalu.

Yang jelas kata dia, untuk upaya pencegahan diakui sedang dilakukan pemerintah daerah. Seperti sosiaisasi kepada masing-masing fasilitas kesehatan dan masyarakat.

"Jika ada pasien yang baru masuk puskesmas dengan gejala yang menyerupai hipatitis akut agar langsung dirujuk ke RSUD," jelasnya.

Kabid P2PL Dikes Kabupaten Bima Alamsyah mengatakan, 9 orang pasien anak sudah sembuh. Baik yang dirawat di puskesmas maupun 2 orang dirujuk di RSUD Bima.

"Mereka sudah dibawa pulang ke rumah masing-masing," katanya saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu.

Sementara hasil uji laboratorium sampel darah pasien, belum keluar. Karena saat mengirim sampel darah, mereka mengaku tidak ada tempat pemeriksaan.

"Tapi kata mereka akan tetap diupayakan," Jelas mantan Kepala Puskesmas Soromadi ini.

Meski begitu, Alamsyah berharap masyarakat tetap waspada. Hindari makanan di luar rumah.  Tidak menggunakan peralatan mandi secara bersamaan bagi pelaku perjalanan.

"Karena biasanya penyakit itu menular dari kebiasaan seperti itu," pungkasnya. (jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda