Bantuan untuk Korban Kebakaran Renda Telah Diajukan ke Pusat - Bima News

Kamis, 26 Mei 2022

Bantuan untuk Korban Kebakaran Renda Telah Diajukan ke Pusat

Kebakaran di Desa Renda, Kecamatan Belo, Kabupaten Bima beberapa waktu lalu

BimaNews.id, BIMA-Pemerintah Kabupaten Bima telah mendata jumlah rumah yang terbakar maupun kerugian lain akibat kebakaran di Desa Renda, Kecamatan Belo. 


Pendataan itu sebagai dasar pemerintah daerah untuk mengajukan permintaan bantuan ke Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bima Tajuddin SH belum bisa memastikan, kapan bantuan untuk korban kebakaran akan turun.

“Permohonan bantuan untuk korban kebakaran di Desa Renda sudah kita ajukan,” katanya.

Jumlah korban kebakaran yang diajukan  sebanyak 63 Kepala Keluarga (KK). Rinciannya,  49 rumah rusak berat, 8 unit  rusak sedang dan selebihnya rusak ringan.

Mantan Kepala DPMDes Kabupaten Bima ini juga mengaku, belum tahu  jenis bantuan yang akan diterima  korban kebakaran. Apakah dalam bentuk uang tunai atau nanti dibangunkan rumah layak huni.

Menyusul penyaluran dana bantuan pada tahun anggaran sebelumnya tersandung persoalan hukum, dia memastikan pihaknya berpedoman pada petunjuk pelaksanaan dari Pemerintah Pusat.

“Jika pemerintah pusat menganjurkan bantuan terima di Kantor Pos, kita akan arahkan penerima bantuan ke Kantor Pos. Begitu juga ke kantor bank. Pastinya kami tidak pakai rekomendasi,” tandasnya. 

Sebelumnya, Kabag Prokopim Setda Kabupaten Bima Suryadin, MSi mengatakan, jumlah kerugian akibat kebakaran di Desa Renda sebesar Rp 9,4 Miliar. (fir)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda