41 Ribu Unit Rumah di Kabupaten Bima Masih Kumuh, Terbanyak di Woha, Bolo dan Sape - Bima News

Kamis, 19 Mei 2022

41 Ribu Unit Rumah di Kabupaten Bima Masih Kumuh, Terbanyak di Woha, Bolo dan Sape

Kumuh
Lanjut Usia (Lansia) asal Desa Talabiu Kecamatan Woha Kabupaten Bima menempati rumah kumuh di sekitar pantai kalaki, Senin (16/5) lalu.

BimaNews.id, BIMA-Rumah kumuh di Kabupaten Bima sebanyak 41 ribu unit. Itu berdasarkan data dari Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) setempat tahun 2022.

‘’Jumlah rumah kumuh tahun ini sedikit menurun dibandingkan tahun 2021 lalu,’’ banding Kabid Perumahan Dinas Perkim Kabupaten Bima, Roslina beberapa waktu lalu.

Dari 41 ribu unit rumah tidak layak huni tersebut, tersebar pada 18 Kecamatan. Terbanyak ada  di wilayah dengan populasi penduduk banyak. Seperti Kecamatan Sape, Woha dan Bolo.

Hal itu dipengaruhi sejumlah faktor. Mulai dari pendidikan, ekonomi hingga tidak memiliki pekerjaan tetap.

"Logikanya, kalau ekonomi mapan tentu mereka akan memperbaiki rumah yang ditempati," terang Roslina

Untuk mengatasi puluhan ribu rumah kumuh di daerah yang dipimpin IDP-Dahlan ini membutuhkan waktu cukup lama. Tergantung alokasi anggaran dari pemerintah daerah, provinsi maupun pusat.

"Kalau kami sich maunya cepat. Tapi, kembali lagi ke anggaran yang ada," bebernya.

Untuk tahun ini saja, pemerintah daerah hanya mendapat bantuan 600 unit dari pemerintah pusat. Itu pun belum dialokasikan, masih proses pengurusan administrasi akhir.

"Kalau setiap tahun kita dapat bantuan 600 unit. Tinggal dihitung saja berapa tahun baru selesai mengatasi persoalan rumah kumuh," tandas Roslina. (jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda