Target 80 Persen Vaksinasi Dosis 3 Hingga H-7 Idul Fitri Sulit Dipenuhi - Bima News

Selasa, 12 April 2022

Target 80 Persen Vaksinasi Dosis 3 Hingga H-7 Idul Fitri Sulit Dipenuhi

Alamsyah
Alamsyah
 

BimaNews.id, BIMA-Target 80 persen vaksinasi dosis 3 dari pemerintah pusat sulit dipenuhi Pemerintah Kabupaten Bima. Selain waktunya mepet hingga H-7 Idul Fitri. Saat ini sedang bulan Ramadan, petugas hanya lakasanakan vaksin pada malam hari usai salat tarawih.

‘’Selama 8 hari puasa, warga yang divaksin dosis 3 sekitar 1.294 orang atau 3 persen dari total target,’’ ungkap Kabid P2PL Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Bima Alamsyah, Selasa (11/4).

Kendati katanya, petugas kesehatan membuka pelayanan vaksin di puskesmas maupun masjid usai salat tarawih. Namun, pelayanan vaksin hanya malam hari.

‘’Untuk siang, kita tidak berani laksanakan vaksinasi. Khawatir terjadi hal fatal bagi warga dari  reaksi obat akibat menerima dosis saat perut kosong,’’ terangnya.

Sehingga Dikes tidak membuka pelayanan vaksinasi di siang hari. Meski ada fatwa MUI, membolehkan vaksinasi siang hari di bulan Ramadan dan itu tidak membatalkan puasa.

Mengacu pada pengalaman sebelumnya, maka target 80 persen dari pemerintah pusat sulit bisa dipenuhi.

Hal lain yang menghambat vaksinasi dosis tiga, interval waktu hanya 3 bulan. Sementara untuk vaksin dosis 1 ke dosis 2 waktunya 6  bulan.

"Sementara rentang waktu sebagian warga besar penerima dosis kedua, terhitung sekitar 1 bulan," tandasnya. (jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda