Ramadan, Berkah Bagi Pedagang Kelapa Muda - Bima News

Senin, 04 April 2022

Ramadan, Berkah Bagi Pedagang Kelapa Muda

Kelapa Muda
Kelapa muda menjadi takjil berbuka puasa yang banyak dicari warga di Bima. Tidak heran selama bulan Ramadan, banyak warga yang menjajakan kelapa muda  di beberapa titik di wilayah Kota Bima.
 


BimaNews.id, KOTA BIMA
-Ramadan, merupakan momen bagi sebagian warga berburu cuan dengan menjual takjil untuk berbuka puasa. Salah satu yang cukup diminati adalah kelapa muda.

Tidak heran, memasuki bulan Ramadan banyak pedagag musiman yang menjual kelapa muda di beberapa titik di wilayah Kota Bima.

Firman, warga  asal Kecamatan Palibelo mengatakan, dalam sehari kelapa muda yang dia jual bisa laku hingga lebih dari 100 biji. Selain per biji, juga dijual kelapa yang sudah dikeruk.

“Kalau dihitung-hitung hari pertama puasa lebih dari 100 biji kelapa muda yang terjual,” katanya.

Harga kelapa saat ini diakui lebih mahal dari hari biasa. Dari harga Rp10 ribu naik jadi Rp15 ribu per biji. “Kalau satu ikat Rp 30 ribu,” ujar Firman.

Meski harga naik, tidak menyurutkan semangat masyarakat membeli. Bahkan ia kewalahan melayani pembeli saat sore hari hingga jelang waktu berbuka.

“Belum lagi macet, jadi menghambat warga yang datang membeli,” ujarnya.

Hal senada juga sampaikan Arif. Ia dan istrinya memilih berjualan di pinggir jalan sekitar RSUD Bima dan laris manis. Ia mengaku, kelapa jualannya diambil di Kecamatan Sape dan Lambu.

“Harga kelapa memang sudah naik mengingat biaya angkutnya sudah tinggi,” sebutnya.

Arif mengaku, omset yang didapat di hari pertama puasa lebih banyak dibandingkan hari-hari biasanya. Pasalnya, warga yang berburu takjil paling banyak memilih es kelapa muda.

“Alhamdulillah, hari pertama puasa kita bisa dapat lebih dari Rp1 juta. Kalau sebelumnya itu paling tinggi Rp500 ribu,” pungkasnya.

Berkah Ramadan juga dirasakan Hidah. Meski baru pertama berjualan takjil, pada hari pertama puasa dagangannya laris manis. Penjual es campur tersebut sampai kewalahan melayani para pembeli.

“Alhamdulillah,  habis terjual,” ujarnya saat ditemui di kawasan Lapangan Serasuba, Kota Bima. (red)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda