PDPB Per 30 Maret, Pemilih Kota Bima 106.549 Orang - Bima News

Sabtu, 02 April 2022

PDPB Per 30 Maret, Pemilih Kota Bima 106.549 Orang

Rakor
KPU Kota Bima menggelar rapat forum koordinasi pemuktahiran daftar pemilih berkelanjutan triwulan pertama tahun 2022 di aula kantor KPU setempat beberapa waktu lalu
 

BimaNews.id, KOTA BIMA-KPU Kota Bima menggelar rapat forum koordinasi Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (PDPB) triwulan pertama tahun 2022.

Rapat yang berlangsung di aula kantor KPU Kota Bima itu menghasilkan sejumlah rekomendasi. Diantaranya, melibatkan partai politik pada kegiatan rapat forum koordinasi PDPB yang diagendakan setiap tiga bulan sekali.

Rakor PDPB dihadiri Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Bima, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bima, Kepala KCD Dikbud Bima dan Kota Bima. Camat se Kota Bima, lurah tiga kelurahan pemekaran, ketua RT serta perwakilan dari Paguyuban Jawa Barat dan Flobamora.

Rakor diawali penyampaian materi terkait kegiatan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan oleh Ketua Divisi Data dan Informasi KPU Kota Bima, Bukhari, S.Sos. Terkait dasar hukum PDPB, tujuan dilaksanakannya, hasil PDPB selama tiga bulan terakhir, rekomendasi, rencana tindak lanjut. Termasuk kendala yang dihadapi selama kegiatan PDPB.

Berdasarkan hasil PDPB per tanggal 30 Maret 2022, jumlah pemilih hasil rekapitulasi sebanyak 106.549 orang. Terdiri dari, 51.478 pemilih laki-laki dan pemilih perempuan 55.071 orang. Data pemilih tersebut tersebar pada  lima kecamatan di Kota Bima.

Sementara hasil PDPB pada Februari 2022, jumlah pemilih sebanyak 106.483. Dengan rincian, pemilih laki-laki 51.441 orang dan pemilih perempuan 55.042.

‘’Ada penambahan 74 pemilih baru dan 5 pemilih berubah status dari TNI dan Polri menjadi masyarakat sipil,’’ beber mantan Ketua KPU Kota Bima ini.

Sementara pemilih yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebanyak 13 orang karena meninggal dunia.

Usai penyampaian materi tersebut, dilanjutkan dengan penyampaian saran, pendapat serta rekomendasi dari peserta rapat untuk kegiatan PDPB ke depan.

Ketua Bawaslu Kota Bima, Muhaimin berharap kegiatan Rakor PDPB berikutnya melibatkan partai politik. Karena sebagai peserta Pemilu memiliki tanggung jawab untuk ikut menyukseskan setiap tahapan penyelenggaraan Pemilu maupun Pemilihan.

Terkait kegiatan PDPB disarankan, harus  berbasis 41 kelurahan, bukan 38 kelurahan.

“Tiga kelurahan pemekaran baru harus mulai diikutsertakan dalam kegiatan PDPB. Bukan hanya 38 kelurahan seperti pada Pemilu 2019,”  sarannya.

Sementara Kepala Disdukcapil Kota Bima diwakili Hj. Marmah menegaskan, Disdukcapil Kota Bima siap membantu KPU dalam pelaksanakan kegiatan PDPB. Saat ini Disdukcapil Kota Bima tengah melakukan perekaman KTP-el untuk warga Kota Bima yang baru berusia 17 tahun dari kelurahan ke kelurahan.

“Untuk mendata penduduk yang meninggal dunia, kami memiliki buku data pokok kematian yang dipegang ketua RT. Silahkan KPU memanfaatkan data itu,” tuturnya.

Dukungan yang sama juga datang dari Kepala KCD Dikbud Bima dan Kota Bima. Mereka menyatakan siap memberikan data yang dibutuhkan KPU, bahkan untuk data siswa SDLB yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih, akan diberikan.

“Hasil pendataan kami, lebih dari enam ribu siswa SMA dan SMK di Kota Bima yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih. Untuk by name dan by adressnya, nanti bisa ke kantor,” arahnya.

Sementara untuk tiga lurah pada kelurahan pemekaran mengakui, terkait data penduduk yang meninggal, elemen data yang disiapkan baru sebatas nama dan alamat RT. Sedangkan untuk NIK tidak ada.

“Kami akan melengkapi data sesuai kebutuhan KPU,” tutur mereka.

Kegiatan Rakor PDPB tersebut diakhiri dengan foto bersama semua peserta Rakor.

Ketua KPU Kota Bima, Mursalin menjelaskan, Rakor PDPB dilaksanakan setiap triwulan. Hal itu sesuai amanat PKPU No 6 Tahun 2021. Terkait rekomendasi yang dihasilkan akan segera ditindaklanjuti, untuuk kesempurnaan PDPB berikutnya.    

“Alhamdulillah semua peserta Rakor sangat aktif dan memiliki komitmen untuk membantu KPU Kota Bima menyukseskan kegiatan PDPB,” ujar tutup Mursalin. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda