Jemur Jagung, Warga Desa Rada Manfaatkan Lapangan Bola - Bima News

Rabu, 30 Maret 2022

Jemur Jagung, Warga Desa Rada Manfaatkan Lapangan Bola

Jemur
Warga Desa Rada, Kecamatan Bolo menjemur jagung di lapangan sepak bola desa setempat.

BimaNews.id, BIMA-Panen disaat musim hujan mengharuskan para petani menjemur jagung agar kadar airnya turun. Tidak heran, warga memanfaatkan setiap ruang kosong, baik pinggir jalan, halaman rumah hingga tanah lapang.

Seperti dilakukan warga Desa Rada, Kecamatan Bolo. Mereka memanfaatkan lapangan sepak bola di desa setempat untuk menjemur jagung.

Terlihat ratusan terpal digelar di tanah lapangan tersebut untuk menjemur jagung. Warga yang rumahnya jauh dari lapangan bola bahkan membawa makanan dan lauk pauk untuk disantap sambil menunggu jagung yang dijemur kering.

Habibah warga setempat mengaku, ada 80 karung jagung miliknya yang harus dijemur. Untuk mendapatkan kadar air yang sesuai, dibutuhkan waktu jemur sekitar 4 hari. Itupun jika jika cuaca mendukung, terik matahari penuh dari pagi hingga sore.

"Tidak ada tempat yang bagus selain lapangan bola untuk jemur jagung.  Itupun kita menunggu antrian selama beberapa hari,’’ tuturnya disela-sele menjemur jagung, Senin (28/3).

Selain cepat kering, jemur di lapangan aku ibu 8 anak ini lebih aman.  Kalau hujan turun, banyak warga yang ikut membantu memasukannya ke dalam karung.

"Hanya saja kalau malam, harus dijaga. Takut hilang dicuri orang," katanya.

Hal senada dikatakan Firdaus. Pemerintah Desa  (Pemdes) tidak keberatan lapangan digunakan untuk jemur jagung oleh masyarakat setempat.

Asal kata dia,  warga menjaga kebersihan lapangan. "Gak apa-apa, toh ini hanya sementara. Lagi-lagi pula anak muda di sini tidak ada yang main bola saat musim hujan," terangya.

Usai jagung dijemur, sebagian warga ada yang langsung mengangkut pake mobil untuk dijual ke gudang. Sebagian lain ada menjual melalui tengkulak.

"Warga yang jual langsung, rata-rata menggunakan modal pinjaman dari orang lain," beber pria yang karib disapa bang Daus ini.

Pantaun di lokasi selain di lapangan bola, warga setempat juga menjemur jagung di pinggir jalan depan rumah masing-masing. Bahkan, ada juga yang menjemur di halaman sekolah.

Kondisi yang sama juga terlihat di Lapangan Kara, Desa Kananga Kecamatan Bolo.  Puluhan warga menjemur jagung di lapangan setempat.

Tidak hanya puluhan karung menunggu antrian. Sesekali juga terlihat beberapa truk membongkar muatan jagung untuk  dijemur di lapangan setempat. (jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda