Tuntutan Perbaikan Jalan Tidak Direspon Pemerintah, Warga Penato’i Tanam Pisang - Bima News

Selasa, 22 Februari 2022

Tuntutan Perbaikan Jalan Tidak Direspon Pemerintah, Warga Penato’i Tanam Pisang

Tanam Pisang
Warga di RT 08, Kelurahan Penato'i saat menanam pisang di jalan lingkar Doro To'i, Senin sore (21/2).

BimaNews.id, KOTA BIMA-Puluhan warga Kelurahan Penato’i, Kecamatan Mpunda, Kota Bima  menanam pisang di jalan lingkar Doro To'i, RT 08, Senin sore (21/2). Aksi itu sebagai bentuk protes terhadap pemerintah yang tak kunjung mengaspal  jalan di sebelah timur Kantor Wali Kota Bima tersebut.

Ketua RT 08 Herman mengatakan, saat ini kondisi jalan sepajang  200 meter itu rusak parah. Drainase, sudah tertimbun lumpur gunung.

Sehingga kata dia  ketika hujan mengguyur, air dari gunung langsung masuk ke pemukiman warga. Sering terjadi kecelakaan dan keluhan ban pecah saat melintasi jalan itu.

"Di jalan ligkar gunung itu banyak kerikil tajam berserakan,’’ terangnya, Selasa pagi (22/2).

Mengenai kondisi jalan tersebut, Herman mengaku setiap tahun telah disampaikan ke pemerintah Kota Bima. Dijanjikan akan diperbaiki, namun tak kunjung direalisasikan.

"Kami sudah cukup sabar dijanjikan terus selama ini," keluhnya.

Selain Pemkot Bima, perbaikan jalan tersebut dijanjikan oleh DPRD Fraksi PKS dan Hanura saat melakukan reses. Lagi-lagi hanya janji.

Tuntutan perbaikan jalann lingkar Doro To’i, Kelurahan Penato'i, Kecamatan Mpunda akhirnya  direspon pemerintah Kota Bima.

Kabid Binamarga Dinas PUPR Kota Bima Ririn Kurniawati mengatakan, hotmix jalan tersebut sudah masuk perencanaan tahun ini, 2022.

"Perencanaan dan proses tender butuh waktu sekitar 2 bulan," katanya saat ditemui di ruang kerja, Selasa (22/2).

Pengerjaan jalan kata dia, paling cepat sekitar Mei, anggarannya dari Dana Alokasi Umum (DAU).

"Kalau gak salah anggarannya sekitar Rp 1,7 miliar," sebutnya.

Ririn tidak membantah, kondisi jalan tersebut kerap dikeluhkan warga.Kenapa tahun-tahun sebelumnya tidak diakomodir, ia tidak tahu pasti.

"Saya baru di bidang ini," tandasnya.

Mengetahui jalan Doro To’i ditanami pisang oleh warga, Pemerintah Kelurahan Penato’I  mencabut pisang-pisang tersebut kemudian diangkut dengan dengan mobil. Disaksikan Babinkatibmas dan pihak terkait lain. (jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda