Jalan Desa Kalodu Bima Rusak Parah, Kades Keluhkan Tidak Diperhatikan Pemerintah Daerah - Bima News

Selasa, 15 Februari 2022

Jalan Desa Kalodu Bima Rusak Parah, Kades Keluhkan Tidak Diperhatikan Pemerintah Daerah

Kalodu
Sejumlah siswa SD melintas di jalan Desa Kalodu, Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima beberapa waktu lalu

BimaNews.id, BIMA-Warga Desa Kalodu, Kecamatan Langgudu belum menikmati infrastruktur jalan yang layak. Kondisi jalan daerah sepanjang 3,6 kilometer rusak parah, sehingga kerap terjadi kecelakaan.

Kepala Desa Kalodu, Samiun SH mengatakan, pengendara yang ke Kalodu atau sebaliknya ekstra hati-hati. Jalan cukup curam, banyak kerikil dan berlubang.

‘’Kalau dari Langgudu jalan sepanjang 3,6 meter itu nanjak terus. Sebaliknya dari Kalodu ke Langgudu jalan cukup curam dengan kemiringan sekitar 45 derajat,’’ gambarnya ketika dihubungi Senin sore (14/2).

Sudah pasti sangat menyulitkan bagi warga luar untuk ke Kalodu. Apalagi sekarang banyak kerusakan.

‘’Musim hujan kondisinya lebih parah. Selain licin, banyak kerikil yang bertebaran di jalan dibawa air hujan,’’ terangnya.

Karena kondisi jalan cukup parah, selama musim hujan ini saja sudah lima kali terjadi kecelakaan. Untungnya tidak ada korban meninggal.

Terhadap jalan tersebut, Samiun mengaku dari Kades sebelumnya hingga masa kepemimpinannya kerap disampaikan ke pemerintah Kabupaten Bima. Sejauh ini belum ada respon.

"Pernah dijanjikan 2020 lalu, tapi sampai sekarang belum teralisasi. Alasan mereka anggaran masih difokuskan untuk penanganan Covid-19," katanya.

Padahal, di desa terpencil tersebut terdapat cagar budaya yang menjadi cikal bakal hadirnya Islam Bima. Yakni Masjid Kamina, sebagai masjid pertama yang dibangun kesultanan Bima saat itu.

Meski Kalodu ditetapkan sebagai daerah cagar budaya, namun tidak diperhatikan pemerintah daerah. Belakangan ini sudah mulai jarang dikunjungi wisatawan. (jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda