2021, Penduduk Miskin di Kota Bima Bertambah 29.545 Jiwa - Bima News

Jumat, 03 Desember 2021

2021, Penduduk Miskin di Kota Bima Bertambah 29.545 Jiwa

Rumah
Rumah kumuh warga di RT 09, Kelurahan Melayu, Kecamatan Asakota, Kota Bima, Rabu (1/12). 

BimaNews.id, KOTA BIMA-Tahun 2021, jumlah penduduk miskin di Kota Bima meningkat tajam dibanding tahun 2020.  Dari 70.595 menjadi 100.140 jiwa.

"Berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) pusat ada penambahan sebanyak 29.545 warga miskin di Kota Bima," ungkap Kabid Penanganan Fakir Miskin, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bima, Drs H Ikhsan beberapa waktu lalu.

Sebaran penduduk miskin tersebut hampir rata di lima kecamatan.  Pemicunya karena pandemi Covid-19. Seperti banyak karyawan perusahaan yang di PHK dan UMKM gulung tikar.

"Ketika ada larangan berkerumun, warga yang sebelumnya memiliki usaha tidak melanjutkan,’’ gambarnya.

Bantuan Sosial (Bansos) Covid-19 dari pemerintah pusat dan Provinsi NTB untuk warga miskin kata dia,  tidak begitu berpengaruh. Karena Bansos itu muaranya agar warga yang terdampak Covid-19 bisa bertahan hidup. Bukan untuk memacu peningkatan ekonomi masyarakat.

"Begitu juga dengan Bansos dari pemerintah daerah. Misalnya bantuan Sembako, itu hanya memenuhi kebutuhan dasar," terang alumni Unram ini.

Sebenarnya kata dia, cukup mudah untuk menekan angka kemiskinan. Apalagi sejumlah kebutuhan dasar seperti listrik, pendidikan, bahan kabar dan lain sudah disubsidi pemerintah pusat.

Pemkot menurut dia, tinggal mendorong perusahaan besar membuka lapangan kerja dan memberdayakan UMKM yang ada. Sehingga ketika sudah lancar, UMKM bisa membuka peluang kerja bagi warga pengangguran.

"Selama ini memang sudah berjalan UMKM, tapi belum maksimal, karena tidak ada pendampingan dan pengawasan," jelasnya.

Harusnya, UMKM baru bisa berkembang dan alami kemajuan, Dinas terkait menurut Ikhsan harus melakukan pendampingan. Tidak boleh dilepas begitu saja.

"Kalau tidak ada pendampingan, jangan harap UMKM kita akan berkembang. Pasti ujung-ujungnya gulung tikar," sentil ayah empat anak asal Rabangodu Utara ini. (jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda