Momen Hari Pahlawan, Bupati Serahkan Bonus Pada Atlet PON Papua - Bima News

Kamis, 11 November 2021

Momen Hari Pahlawan, Bupati Serahkan Bonus Pada Atlet PON Papua

Bupati
Bupati dan Wakil Bupati Dompu, Kader Jaelani dan H Syahrul Parsan saat mengikuti upacara di Taman Makam Pahlawan, Rabu (10/11).

BimaNews.id, DOMPU-Mamperingati hari pahlawan, Pemda Dompu menggelar upacara di dua tempat, Rabu (10/11). Yakni, upacara bendera di Lapangan Beringin Pemda Dompu dan di Taman Makam Pahlawan di Desa Lepadi Kecamatan Pajo.

Upacara diawali di Lapangan Beringin sekitar pukul 07.00 Wita. Dipimpin Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Dompu, H. Burhan, SH diikuti ratusan pegawai dan pejabat lingkup Pemda.

Membacakan Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini, H Burhan menyampaikan, negeri ini mengalami penjajahan yang panjang dan menyakitkan. Berkali-kali pemberontakan lokal dikobarkan terhadap penjajah dalam kurun waktu 350 tahun. Namun selalu gagal.

"Ratusan tahun kita terpecah-pecah karena politik devide et Impera atau politik adu domba," ungkap H Burhan membacakan sambutan menteri.

Momen peringatan Hari Pahlawan ini kata dia, para pendiri bangsa menyadari dengan membangun identitas. Bahwa masyarakat Indonesia semua bersaudara, sebangsa dan setanah air.

"Kita sadar bahwa kita berbeda-beda. Jangan sampai terpecah-pecah oleh perbedaan SARA (suku, agama, ras dan golongan), karena itu akan membuat kita semakin mundur jauh ke era sebelum sumpah pemuda 1928," tegas Burhan.

Semangat gotong royong kata dia, harus terus digelorakan demi persatuan dan kesatuan Indonesia. Jangan memaknai perbedaan sebagai upaya untuk menghilangkan nilai toleransi.

"Perbedaan justru semakin memperkaya dan memperkuat kita. Kita adalah negara Bhineka Tunggal Ika, berbeda-beda namun tetap satu jua," terangnya.

Upacara kemudian dilanjutkan di Taman Makam Pahlawan diikuti Bupati dan Wakil Bupati Dompu. Kegiatan yang berlangsung sekitar pukul 09.30 Wita itu dirangkaikan dengan ziarah dan tabur bunga.

Dihadiri Forkompimda, Sekda Dompu, Pejabat Struktural Eselon II, III dan IV Lingkup Pemda Dompu, Perwira TNI dan Polri, Pengurus dan Anggota Legiun Veteran Republik Indonesia, Pengurus dan Anggota Pemuda Panca Marga, dan elemen penting lainnya.

Usai ziarah dan tabur bunga, dilanjutkan dengan pemberian penghargaan oleh Bupati Dompu, Kader Jaelani kepada desa dan sekolah dengan capaian vaksinasi Covid-19 tertinggi. Yakni, Desa Songgajah,  Dorokobo, Malaju, Jambu, Riwo, Jala, Doropeti, Bara. Sementara sekolah diperoleh SMPN 1 Woja dengan capaian 80 persen.

Bupati Dompu, Kader Jaelani juga menyerahkan bonus kepada pahlawan peraih medali di PON Papua. Yaitu, Rohani, peraih Medali Perak lompat jauh dan Medali Perunggu lari gawang 100 meter mendapat bonus Rp 50 Juta. Kemudian Rini Kurniati  peraih Medali Emas Rp. 50 juta.

Juliana Dwi Amelia peraih Medali Emas mendapat bonus Rp. 50 juta. Suriati Medali Perunggu Rp. 20 juta, Danangsyah Medali Perak Rp 30 juta. Selanjutnya, Muhammad Medali Perak mendapat bonus Rp. 25 juta dan Ardiansyah Medali Emas Rp. 50 juta. (jw)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda