Sektor Apapun Jika Dikelola Pemerintah, Sulit Berkembang - Bima News

Wednesday, 20 October 2021

Sektor Apapun Jika Dikelola Pemerintah, Sulit Berkembang

Masykur
Masykur ST, MT
 

BimaNews.id, BIMA-Pengelolaan sejumlah objek wisata di Kabupaten Bima bakal dipihak ketigakan. Menyusul capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sejumlah tempat wisata itu jauh dari target.

"Kalau capaian PAD masih rendah, kita akan pihak ketigakan. Supaya memberikan kontribusi pada daerah,"  kata Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bima, Masykur beberapa waktu lalu.

Jumlah objek wisata di Kabupaten Bima kata dia, ada 115 titik. Baru lima titik yang menghasilkan PAD. Yakni, Pantai Lariti, Asi Mbojo, Pesanggarahan Wawo, Oi Marai dan Wisata Taman Kalaki.

"PAD dari lima titik itu baru masuk belasan juta atau 2,53 persen dari target Rp 41,9 juta," ungkap Masykur.

Rendahnya capaian PAD kata dia, disebabkan beberapa faktor. Selain pandemi Covid-19, juga karena minimnya fasilitas pendukung, untuk menarik minat para wisatawan.

"Penunjang fasilitas di objek wisata itu penting, sebagai daya tarik. Saat ini, fasilitas itu sedang dikembangkan," akunya.

Jika sudah di pihak ketigakan menurut dia, otomatis fasilitas penunjang akan dibenahi. Pengelola juga akan bekerja maksimal untuk menarik minat wisatawan.

"Namanya bisnis, pasti ingin mendapatkan keuntungan. Jadi, banyak cara yang mereka lakukan untuk meraup pendapatan. Terlepas dari besarnya anggaran pemeliharaan dan lain-lain," ujarnya.

Berbeda ketika pariwisata dikelola pemerintah, terkesan berjalan di tempat. Karena terbatasnya anggaran. Baik itu untuk pengadaan sarana, maupun biaya pemeliharaan.

"Tidak hanya di pariwisata sebenarnya. Semua sektor, kalau dikelola pemerintah sulit berkembang," jelasnya. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda