Masuk Musim Hujan, Pemkot Tolak Bantuan 100 Tangki Air dari Pemprov NTB - Bima News

Friday, 8 October 2021

Masuk Musim Hujan, Pemkot Tolak Bantuan 100 Tangki Air dari Pemprov NTB

Siti Zaenab
Siti Zaenab
 

BimaNews.id, KOTA BIMA-Pemerintah Kota Bima dengan tegas menolak bantuan 100 tangki air untuk penanggulangan kekeringan dari Pemprov NTB. Penolakan itu karena bantuan itu disalurkan setelah bencana alam tahunan berakhir.

"Kami tolak, karena saat ini sudah masuk musim hujan," kata Kepala BPBD Kota Bima, Siti Zaenab, Selasa (5/10).

Bantuan 100 tangki air tersebut kata dia, harusnya disalurkan pada puncak kekeringan antara Juni-Agustus lalu.  Bertepatan dikeluarkan status siaga. Tentu bantuan air itu akan diterima.

"Saat itu, kami benar-benar butuh bantuan provinsi untuk penanganan krisis air," ujarnya.

Tapi saat ini, Kota Bima sudah tidak lagi membutuhkan air. Sebab saat ini sudah memasuki musim hujan.

"Tidak mungkin juga SK Wali Kota dikeluarkan, hanya untuk dapat bantuan itu," bebernya.

Meski intensitas hujan saat ini belum tinggi, Zaenab memastikan, Kota Bima telah keluar dari bencana alam kekeringan. Walaupun masih terdapat beberapa titik wilayah yang mengalami krisis air.

Seperti daerah, warga tidak bisa memanfaatkan air bawah tanah, karena payau. Serta tidak dijangkau maksimal oleh air PDAM.

"Untuk wilayah itu, tidak bisa kita manfaatkan bantuan provinsi. Karena anggaran itu sasarannya untuk wilayah  kekeringan," ujarnya.

Agar bencana tahunan ini tidak terus terjadi, semua pihak diminta untuk mulai melestarikan kembali lingkungan perhutanan. Seperti menggiatkan program reboisasi pada daerah serapan air dan menekan aktifitas perambahan untuk perladangan.

"Itu harapan besar kami sekarang," harapnya. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda