Kemensos Temukan 7.347 BPJS PBI Bermasalah di Kota Bima - Bima News

Senin, 11 Oktober 2021

Kemensos Temukan 7.347 BPJS PBI Bermasalah di Kota Bima

Hj. Fatimah
Hj. Fatimah


BimaNews.id, KOTA BIMA- Kementerian Sosial (Kemensos) RI menemukan 7.347 data peserta BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI) pusat, bermasalah di Kota Bima. Pemerintah Kota Bima diminta melakukan verifikasi lapangan terhadap data BPJS yang bermasalah tersebut.

Kepala Bidang Linjamsos Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bima, Dra. Hj. Fatimah membenarkan pihaknya telah menerima data BPJS PBI yang tidak aktif karena bermasalah dari Kemensos RI. Saat ini pihaknya diminta untuk melakukan verifikasi ulang.

Data yang bermasalah tersebut menurut dia, variatif. Terdiri dari meninggal dunia tercatat  213 orang, pindah segmen lain 401. Kemudian data ganda 1.638 dan sebanyak 5.095 orang hilang pada sistem.

"Itu jumlah BPJS PBI bermasalah, sesuai temuan Kemensos," katanya beberapa waktu lalu.

Untuk memastikan data bermasalah tersebut, dalam waktu dekat pihaknya akan turun ke setiap kelurahan untuk melakukan verifikasi data. Memastikan apakah data temuan Kemensos RI benar atau tidak.

Apabila tidak sesuai dengan fakta lapangan, data peserta akan dilaporkan ke Kemensos untuk segara diaktifkan kembali. Sehingga bisa dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

"Nanti kita cek orang-orang ini, apakah masih layak atau tidak. Kalau memang layak kita usulkan lagi, begitu juga sebaliknya," pungkas Fatimah. (red
)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda