Isak Tangis Keluarga Iringi Pemakaman Anumerta Dirman, Danrem 162/WB Harap Keluarga Ikhlas - Bima News

Sabtu, 04 September 2021

Isak Tangis Keluarga Iringi Pemakaman Anumerta Dirman, Danrem 162/WB Harap Keluarga Ikhlas

Pemakaman
Suasana pemakaman Kapten Chb Anumerta Dirman di Desa Mandala, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima
 

BIMA-Pemakaman jenazah almarhum Kapten CHB Anumerta Dirman penuh suasana haru. Isak tangis keluarga, kerabat pecah begitu jenazah almarhum tiba di rumah orang tuanya, di Desa Mandala, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima.

Almarhum menjabat Komandan Posramil (Danposramil) Kisor pada Kodam XVIII/Kasuari. Dikebumikan di TPU Dusun Tenga, Desa Mandala, Kecamatan Wera Kabupaten Bima, Sabtu (4/9) sekitar pukul 13.10 Wita.

Almarhum satu di antara empat prajurit TNI AD yang dinyatakan gugur. Diserang kelompok separatis Papua merdeka, di Pos Koramil Kisor, Kampung Kisor Distrik Aifat Selatan, Maybrat, Provinsi Jayapura beberapa hari lalu.

Pemakaman Anumerta Dirman dihadiri ribuan pelayat yang datang dari berbagai penjuru Kabupaten Bima. Mereka hadir, memadati TPU. Mengantar almarhum ke tempat peritirahatan terakhir.

Pantauan media ini, saat jenazah tiba di rumah duka,  disambut isak tangis keluarga. Mereka tidak menyangka, Anumerta Dirman gugur dalam tugas dan kembali ke kampung kelahiran dalam kondisi meninggal dunia.

Yang luar biasa adalah, sikap tegar sang istri almarhum yang menerima kenyataan suaminya telah gugur dalam tugas. Istrinya yang bernama Nur Lessy Duasikal, ditemani dua putra dan satu orang putri.

Jenazah Anumerta Dirman diterbangkan dari Makassar dengan pesawat Wings Air IW1869K. Tiba di Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima  sekitar pukul 09.10 Wita.

Kedatangan jenazah Anumerta Dirman, disambut dengan upacara militer, dipimpin Komandan Korem 162/WB, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos, SH, MHan. Dihadiri Bupati Bima dan jajaran Forkopimda Kabupaten maupun Kota Bima.

Usai upacara penerimaan, Komandan Korem 162/WB bersama rombongan mengantar jenazah almarhum ke rumah duka, di jalan lintas Tawali, Desa Mandala, Kecamatan Wera. Prosesi pemakaman, juga dilakukan dengan upacara militer.

Komandan Korem 162/WB, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani usai pemakaman menyampaikan, saat ini TNI khususnya Angkatan Darat telah kehilangan salah satu prajurit terbaik.

Kapten Chb Anumerta Dirman gugur sebagai Kusuma Bangsa saat melaksanakan tugas, pengabdian kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Prosesi pemakaman dengan upacara militer, merupakan wujud penghormatan kepada para pahlawan maupun anggota TNI yang telah mengabdikan dirinya kepada bangsa dan negara," ujarnya.

Atas nama pimpinan, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani menyampaikan rasa duka cita dan belasungkawa yang mendalam atas peristiwa meninggalnya almarhum.

Rizal juga meminta kepada seluruh keluarga, mengikhlaskan kepergian Anumerta Dirman dengan sabar dan tabah.

"Semoga amal ibadah almarhum Kapten Chb Anumerta Dirman diterima dan mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa," harap alumni Akmil 1993 ini.

Orang nomor satu di jajaran Korem 162/WB ini, juga mengucapkan terimakasih setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah meluangkan waktu membantu dari saat proses penjemputan hingga pemakaman.

Perwakilan keluarga almarhum Kapten Chb Anumerta Dirman, Suriansyah, mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak, khususnya Danrem 162/WB. Sudah hadir mengantarkan almarhum ke tempat peristirahatan terakhir.

"Saudara kami seorang prajurit, tentunya pada saat melaksanakan tugas maupun sehari-harinya terdapat kesalahan. Baik secara dinas maupun pribadi, kami selaku pihak keluarga menyampaikan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya," pintanya. (ar)

 

 

 


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda