Penataan Ruang Terbuka Publik di Lapangan Pahlawan, Tidak Terlihat Ada Progres - Bima News

Tuesday, 7 September 2021

Penataan Ruang Terbuka Publik di Lapangan Pahlawan, Tidak Terlihat Ada Progres

RTP
Pekerjaan penataan ruang publik di Lapangan Pahlawan, hingga kini tak kunjung terlihat progresnya
 

BimaNews.id, KOTA BIMA- Pengerjaan penataan Ruang Terbuka Publik (RTP) di Lapangan Pahlawan Kota Bima, jalan ditempat. Ada 5 item pekerjaan besar, dengan total anggaran Rp 4 miliar lebih. Tapi yang terlihat saat ini, baru satu yang terealisasi yakni, Food Court.

Kepala Bappeda Litbang Kota Bima, H Fakhrunrazi menyebutkan, penataan di Lapangan Pahlawan Raba Kota Bima, untuk ruang terbuka publik.

Sesuai perencanaan globalnya, selain ada Food Court juga ada taman, joging track, lapangan olahraga dan tempat bermain anak.

Hanya saja, Fakhrunrazi tidak bisa merinci space dari setiap item penataan tersebut. Pasalnya, master plan RTP Lapangan Pahlawan dipegang OPD teknis yakni, Bidang Cipta Karya Dinas PUPR.

"Saya arahkan temen-temen langsung ke OPD teknis. Karena kami secara global saja perencanaannya, " kata mantan Kadis DLH Kota  Bima ini.

Untuk anggaran, penataan RTP tersebut menyedot anggaran negara sekitar Rp 4 miliar. Rinciannya, untuk Food Court Rp 2,3 miliar, taman Rp 2 miliar dan sisanya untuk item pekerjaan lain.

Ditanya target penyelesaian? Fakhrunrazi memastikan harus selesai tahun ini, karena tahun anggaran 2021.

"Ya harus selesai tahun ini, " tegasnya.

Soal pekerjaan yang dinilai umpet-umpetan, Fakhrunrazi membantahnya. Menurut dia, masyarakat bisa mengakses informasi apapun. Tidak dibatasi.

"Mungkin OPD yang dikonfirmasi sedang tidak mood. Jadi harus mood dulu, agar informasi yang diberikan baik dan benar, " selorohnya. 

Sementara itu, pantauan wartawan di lokasi penataan RTP Lapangan Pahlawan pada Selasa (7/9), tidak terlihat aktivitas apapun.

Penutup yang mengelilingi Lapangan Pahlawan sebelumnya, terlihat sudah robek. Di bagian tengah lapangan, terlihat gundukan-gundukan tanah. Tapi tidak diketahui, akan diapakan.

Wartawan kemudian mencoba mencari desain atau master plan penataan taman Pahlawan, dalam website Pemerintah Kota Bima www.bimakota.go.id Dinas PUPR hanya berisi berita saja.

Kabid Cipta Karya Dinas PUPR, Fahad ST yang dikonfirmasi enggan menjawab soal progres pengerjaan RTP. Ia justeru mengeluh pada wartawan, soal jaringan yang sulit diakses untuk memasuki aplikasi yang sedang diikutinya.

"Ini kami lagi mengikuti daftar ini. Jaringan ini susah, jadi kami harus konsentrasi untuk bisa masuk, " ujarnya.

Fahad sempat mengarahkan wartawan ke PPK penataan RTP Pahlawan, tapi kembali diralat dengan mengatakan jika PPK sedang sibuk.

"Silahkan saja ke PPK langsung yang tahu. Tapi kalau PPK sedang tidak sibuk. Sekarang semuanya sedang fokus untuk ikuti ini. Kan dalam berita disampaikan jika kinerja ASN kami ini buruk, " kilahnya. (tin)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda