Dewan Provinsi Akan Turun, Pantau Proyek Jembatan Mandek di Bima - Bima News

Kamis, 16 September 2021

Dewan Provinsi Akan Turun, Pantau Proyek Jembatan Mandek di Bima

Jembatan
Pengerjaan Jembatan Raba Salo, Kota Bima terlihat masih tahap pengerukkan. 
 

BimaNews.id, MATARAM-Pembangunan sejumlah jembatan di Bima yang mandek, akan dipantau anggota DPRD Provinsi. Seperti proyek jembatan Raba Salo, Kota Bima dan jembatan Kananta, Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima.

Pengerjaan dua jembatan itu diduga mandek. Progres pembangunannya belum menggembirakan.

‘’Kami akan menjalankan fungsi pengawasan dengan turun ke lokasi. Kami jadwalkan akan turun ke Sumbawa. Kita juga akan ke Bima, kata Ketua Komisi IV DPRD NTB Achmad Puaddi, Rabu (15/9).

Tidak hanya jembatan, dewan juga akan melihat progres pembangunan jalan di sejumlah titik. Hanya saja, politisi Partai Golkar ini belum mau membocorkan lokasi mana saja yang akan dikunjungi.

‘’Kita belum bisa tentukan ke mana dan jalan mana saja,’’ ujarnya.

Anggota Komisi IV HA. Rahman H. Abidin mengatakan, pihaknya akan mengecek pembangunan jembatan di Kota dan Kabupaten Bima. Diantaranya, proyek jembatan Raba Salo.

‘’Itu (Jembatan Raba Salo) katanya mandek. Kami akan cek ke sana,’’ kata dewan Dapil Bima-Dompu ini.

Mantan Wakil Wali Kota Bima ini ingin memastikan kendala pembangunan jembatan tersebut. Karena itu, pihaknya perlu turun langsung melihat kondisinya di lokasi. 

‘’Jembatan di Desa Kananta juga akan kami cek,’’ akau politisi Partai Demokrat ini.

Setelah mengetahui kendalanya, dewan bisa mendorong eksekutif dan rekanan untuk mencari solusi. ‘’Kita harus tahu dulu apa masalahnya, apakah dianggarannya atau ada kendala lain. Makanya kami turun,’’ tegas pria yang akrab disapa Haji Man ini.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) NTB, Ridwan Syah belum bisa menyampaikan progres pembangunan dua jembatan tersebut. ‘’Saya cek dulu dan segera disampaikan ya,’’ katanya saat dihubungi via pesan singkat WhastApp, kemarin.

Sementara, Eko Juliadi, Manager Lapangan PT Dunia Mas, selaku rekanan pembangunan Jembatan Kananta membantah pengerjaan mandek. ‘’Ndak benar. Sekarang sedang dikerjakan,’’ katanya dihubungi via ponsel, Rabu malam.

PT Dunia Mas tiga hanya mengerjakan Jembatan Kananta. Tetapi pengerjaannya satu paket dengan Jembatan Sampungu dan Kiwu. ‘’Progres pengerjaan tiga jembatan sudah 30 persen,’’ sebutnya.

Dia merincikan pembangunan Jembatan Kananta sudah selesai pemancangan tiang beton. Saat ini, kata Eko, pihaknya sedang dalam pemancangan tiang baja.

‘’Sejauh ini tidak ada kendala. Memang dulu ada perubahan desain, tapi itu tidak menjadi kendala,’’ klaimnya.

Kalau sudah selesai pemancangan tiang baja, selanjutnya akan dikerjakan bangunan atas. ‘’Kita target struktur dan lantai jembatan akan selesai Desember ini. Itupun kalau cuacanya bagus. Untuk bahan dan tenaga sudah aman,’’ sebutnya.

Sementara Jembatan Sampungu dan Kiwu, sambung Eko, pengerjaan pondasi sudah selesai. Sekarang sedang tahap pengecoran.  ‘’Target kita, bulan Oktober sudah selesai,’’ tambah dia. (jlo/r8)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda