Bupati Ingatkan Dinas Untuk Transparan Kelola Anggaran - Bima News

Tuesday, 21 September 2021

Bupati Ingatkan Dinas Untuk Transparan Kelola Anggaran

Bupati
Hj. Indah Dhmayanti Putri
 

BimaNews.id, BIMA- Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri menyebut ada sejumlah dinas yang enggan menyampaikan hasil kinerja ke pimpinan daerah. Terutama program-program yang dialokasikan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

"Padahal transparansi penggunaan anggaran sangat kami harapkan," ungkap Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri saat memberikan sambutan pada acara pisah sambut Kadis Pertanbun Kabupaten Bima beberapa waktu lalu.

Menurut istri mendiang Ferry Zulkarnain ini, keterbukaan informasi sangat diperlukan bagi pimpinan daerah. Agar diketahui sejauh mana realisasi anggaran yang sudah dijalankan.

"Apakah program itu sudah terlaksana dengan baik. Kalaupun sudah, realisasinya tersebar di kecamatan mana saja," tanya Dinda.

Yang dibutuhkan kepala daerah kata dia, bukan kelebihan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengelola anggaran. Tapi transparansi program yang diterima harus dilaporkan pimpinan OPD.

Tidak hanya itu, Bupati juga menyorot cara kerja pejabat OPD yang terkesan tidak saling menghargai. Banyak kepala dinas posisinya tidak dihargai. Begitu juga Kepala Bidang (Kabid) bersikap seperti bos.

"Bahkan ada juga Kepala Seksi (Kasi) bergaya seperti Kabid," katanya.

Dia berharap, sikap seperti itu dihilangkan. Pegawai harus bisa menempatkan diri sesuai jabatan.  Mengukur batasan kewenangan sesuai Tupoksi kerja yang dimandatkan. Kasi tidak boleh lampui Kabid. Lebih-lebih pejabat eselon 3A dan 3B melebihi kewenangan pimpinan yang eselon dua.

"Jadi, tidak ada tempat basah dan kering. Kalau basah, nanti becek. Yang kering tidak boleh dibiarkan terus, tapi berusaha cari air supaya tercipta suasana yang sejuk dan nyaman saat bekerja," kata Dinda.

Diakhir sambutannya, ibu dari ketua DPRD Kabupaten Bima ini mengingatkan Dispertanbun agar terus bekerja maksimal. Terutama pembagian bibit, agar disalurkan ke petani yang berhak mendapatkannya.

"Jangan sekali-kali dijual, karena suatu saat akan terbukti dan menjadi aib. Bekerjalah dengan jujur," harapnya.

Soal rezeki kata dia akan datang dari berbagai arah, asalkan jujur saat bekerja. Rezeki tidak hanya dari Allah SWT, tapi juga akan datang melalui Pemerintah Daerah (Pemda).

"Yang tak kalah penting lagi, jasa kalian akan selalu dikenang oleh petani," tukas Ketua DPD partai Golkar Kabupaten Bima ini.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Bima, Drs H Dahlan  selain mengucapkan selamat kepada Kadis Pertanbun yang baru. Ia juga meminta pegawai agar berkerja maksimal.

"Jangan karena dekat dengan kepala daerah, terus semaunya bekerja. Justru karena kedekatan itu harus dijaga. Dengan bekerja lebih baik," ingatnya.

Di lingkup pertanian menurut Dahlan, kualitas kinerja diukur ketika mampu merubah mindset petani. Misalnya, perubahan pola tanam, cara menyuburkan tanaman agar bisa meningkatkan hasil produksi pertanian.

"Merubah itu tugas Dispertanbun, supaya petani jadi lebih baik," katanya.

Selain mendorong Dispertanbun mensejahterakan petani, Dahlan juga membeberkan sejauh ini pihaknya mendapat laporan dari warga soal jual beli bibit bantuan. Dia berjanji akan bongkar kasus itu.

"Tidak mungkin ada asap tanpa ada api. Nanti akan kita buktikan," tegasnya. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda