Usulkan 9.500, Sebanyak 8.373 KPM di Kota Bima Dapat JPS Setara - Bima News

Tuesday, 31 August 2021

Usulkan 9.500, Sebanyak 8.373 KPM di Kota Bima Dapat JPS Setara

H Ikhsan
H. Ikhsan
 

BimaNews.id, KOTA BIMA-1.127 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Bima dipastikan tidak tercatat pada program Jaring Pengaman Sosial (JPS) Setara. Dari hasil verifikasi dan validasi Dinas Sosial Kota Bima di 41 kelurahan, hanya 8.373 KK yang memenuhi syarat.

"Target kita sebanyak 9.500 KPM untuk JPS setara. Bukan berarti kuota ini harus dipenuhi semua," terang Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinsos Kota Bima, H. Ikhsan, Senin (30/8)

Semua kelurahan kata dia, sudah mengusulkan calon KPM JPS Setara untuk meringankan beban warga terdampak PPKM Mikro. Namun yang memenuhi syarat 8.373 KK. Sementara yang tidak memenuhi syarat sebanyak 1.127, karena sudah pernah menerima bantuan dari pemerintah.

"Yang berhak menerima bantuan ini yakni KPM  yang sebelumnya belum pernah tercatat sebagai penerima PKH, BST dan BPNT," jelasnya.

Meski belum memenuhi kuota, Iksan mengaku masih membuka ruang bagi pemerintah kelurahan mengusulkan data calon KPM. Terutama bagi warga miskin yang belum pernah menerima bantuan sosial, serta belum terdata dalam DTKS Kemensos RI.

Bantuan JPS Setara menurut dia, salah satu program pamungkas untuk meringankan beban KPM yang belum diakomodir pemerinta pusat.

"Konsep kita begitu. Sehingga kita minta ke Lurah untuk mendata warga kurang mampu yang belum pernah mendapat bantuan pusat," jelasnya.

Bantuan ini kata dia, akan diusulkan melalui anggaran APBD perubahan 2021. Besar kemungkinan penyaluran bantuan setelah APBD perubahan sudah dicairkan. (jul)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda