Mutasi Besar-Besaran Dunia Pendidikan, 10 Kasek di Bima Turun Jadi Guru - Bima News

Sunday, 15 August 2021

Mutasi Besar-Besaran Dunia Pendidikan, 10 Kasek di Bima Turun Jadi Guru

Serah Terima
Prosesi serah terima jabatan kepala sekolah SMA/SMK dan SLB lingkup Kantor Cabang Dikbud Bima dan Kota Bima di kantor KCD Dikbud setempat, Sabtu (14/8).

BimaNews.id, BIMA-Gubernur NTB H Zulkieflimansyah  menggelar mutasi besar-besaran di lingkup pendidikan jenjang SMA/SMK dan SLB. Khusus wilayah Kabupaten Bima dan Kota Bima sedikitnya, 41 guru dan Kepala Sekolah (Kasek) digeser.

Dari mutasi tersebut, tidak sedikit Kasek diturunkan menjadi guru biasa. Terdapat juga guru diangkat menjadi Kasek.

Sejumlah Kasek yang turun menjadi guru biasa yakni, Drs Arifuddin Muhammad, kepala SMAN 1 Lambu menjadi guru di SMAN 1 Sape. Kemudian, Syaiful MPd dari Kepala SMAN 3 Kota Bima menjadi guru di SMAN 1 Kota Bima, Drs Syafruddin dari kepala SMKN 1 Kota Bima jadi guru SMAN 1 Kota Bima.

Siti Rohani SPd dari Kepala SMAN 3 Wera jadi guru SMAN 1 Wera, Muhammad Yakub dari kepala jadi guru SMAN 1 Wawo. Selanjutnya, Dra Emo dari Kepala SMAN 1 Madapangga jadi guru SMAN 1 Bolo.

Sriyati SPd dari kepala turun jadi guru SLBN 1 Bima, Muhammad Yani SPd dari Kepala SMAN 1 Langgudu jadi guru SMAN 2 Langgudu dan Drs Arifuddin dari Kepala SMAN 1 Lambitu jadi guru SMAN 2 Kota Bima. Kemudian, Abdul Jalal SPd dari Kepala SMKPPN Bima jadi guru SMAN 3 Kota Bima.

Sementara dari guru diangkat menjadi Kasek adalah Mashyudin MPd dari Guru SMAN 1 Kota Bima jadi kepala SMAN 2 Lambu. Abubakar guru SMAN 1 Lambu jadi Kepala SMAN 3 Sape, Muhammad Ali dari guru SMAN 2 Monta jadi Kepala SMAN 2 Woha, Muhammad Suhud guru SMKN 2 Kota Bima jadi Kepala SMKN 4 Kota Bima.

Guru SMAN 1 Wera Faisal ST M.Eng jadi kepala SMAN 3 Wera, Kusherman SPd dari guru jadi Kepala SMKN 1 Lambu, Juwaidin SPd dari guru SMAN 2 Soromandi jadi Kepala SMKN 2 Soromandi. Setelah itu, Subari SPd MPd dari guru SMAN 1 Donggo jadi Kepala SMAN 2 Madapangga, Drs Hamka dari guru SMKN 1 Soromandi jadi Kepala SMAN 1 Tambora.

I Putu Budiarta SPd MPd dari guru SMAN 1 Madapangga jadi Kepala SMAN 2 Sanggar, Abdur Rahman SPd dari guru SMAN 1 Palibelo jadi Kepala SMAN 2 Bolo, Fahmi Hatib SPd MPd dari guru SMAN 1 Monta jadi Kepala SLBN 1 Bima, Muhammad Junada SPd dari guru SMAN 1 Woha jadi Kepala SMAN 1 Lambitu dan Abdul Hamid SPT MPd dari guru jadi Kepala SMKPPN Bima.

Sedangkan dari jabatan Kasek yang menempati jabatan baru yakni, Nurdin SPd MPd dari Plt Kepala SMAN 3 Sape jadi Kepala Plt Kepala SMAN 1 Lambu. Muhammad SPd MPd dari Kepala SMAN 2 Woha jadi Kepala SMAN 1 Langgudu, Drs Faturrahman dari Kepala SMKN 4 Kota Bima jadi Kepala SMKN 1 Monta.

Tursana SPd dari Kepala SMKN 1 Wera jadi Kepala SMKN 1 Palibelo, Ratnah SPd dari Kepala SMKN 1 Palibelo jadi Kepala SMKN 1 Kota Bima. Selanjutnya, Jufriadi SE dari Kepala SMKN 1 Lambu jadi Kepala SMKN 1 Wera. Irham SPd Kn dari Kepala SMAN 2 Lambu jadi Kepala SMAN 1 Sape, Jhon Hermansyah dari Kepala SMAN 1 Sape jadi Kepala SMAN 3 Kota Bima.

Fathur Rahman ST dari Kepala SMKN 1 Woha jadi Kepala SMKN 2 Kota Bima, Muhammad Badrun dari SMKN 2 Kota Bima jadi Kepala SMKN 1 Woha. Hairul Juhdi dari Plt SMAN 1 Belo jadi Kepala SMAN 1 Woha.

Irwan SPd dari Kepala SMAN 2 Sanggar jadi Kepala SMAN 1 Wawo, Nurhidayah SPd dari Kepala SMAN 2 Madapangga jadi Kepala SMAN 1 Bolo. Suratman SH dari Kepala SMAN 1 Bolo jadi Kepala SMAN 1 Madapangga, dr Ruslan dari Plt didefinitifkan jadi Kepala SMAN 3 Soromandi.

Muhammad Yusuf SPd dari Plt didefinitifkan jadi Kepala SMKN 2 Langgudu dan Muhammad Nur SPd dari Kepala SMAN 1 Woha jadi Kepala SMAN 1 Belo.

41 guru dan Kasek yang dimutasi mengikuti serah terima jabatan di Kantor Cabang Dikbud Bima dan Kota Bima, Sabtu (14/8. Dengan menerapkan protokol kesehatan, kegiatan itu berjalan lancar dan sukses. Selain Kepala KCD Dikbud Bima dan Kota Bima kegiatan juga dihadiri Jaka Wahyana SPd,  Kepala Bidang GTK Dinas Dikbud NTB.

Kepala KCD Dikbud Bima dan Kota Bima Drs Anwar Hamzah SH MSi menyampaikan selamat pada guru dan Kasek yang menempatkan jabatan baru. Dia berharap, jabatan baru merupakan amanah untuk dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab.

"Mutasi adalah lumrah dalam pemerintahan," tutur Hamzah.

Pada hakikatnya, jabatan kepala sekolah adalah guru yang mendapat tugas tambahan. Intinya, tugas kepala harus mendedikasikan dirinya sebagai pelayan bagi kebutuhan guru, tenaga kependidikan dan siswa di sekolah.

"Jabatan itu hanyalah Amanah. Untuk itu, saya titip agar jadilah pemimpin yang melayani dan bisa membangun sekolah," harap mantan Kepala Samsat Bima ini.

Kepala Seksi Guru dan Tenaga Kependidikan KCD Dikbud Bima dan Kota Bima, Dr Salahuddin MPd menyampaikan, kontra dan penolakan oleh beberapa elemen yang merasa tidak puas dengan pergeseran posisi

jabatan Kasek adalah bumbu-bumbu dinamika birokrasi. Intinya, rotasi, mutasi dan promosi bukanlah persoalan suka dan tidak suka seorang pimpinan. Melainkan semata-mata mengacu pada kerangka merit system yang berjalan di lingkungan kepegawaian.

Dalam konteks ini, keputusan pengangkatan dan pemberhentian dari jabatan Kasek sudah dilakukan oleh pimpinan dengan pertimbangan matang. Diantaranya, kompetensi dan hasil evaluasi kinerja yang dilakukan secara proporsional dan berjenjang dalam bingkai self assessment ASN.

"Untuk itu, harapnya mari kita menerima dengan penuh loyalitas dan tetap berdedikasi tinggi dalam tugas dan posisi apapun sesuai sumpah jabatan ASN," pungkasnya. (jw)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda