Guru dan Siswa SMAN 1 Lambu Keberatan Dipimpin Plt, Minta Kasek Definitif - Bima News

Rabu, 25 Agustus 2021

Guru dan Siswa SMAN 1 Lambu Keberatan Dipimpin Plt, Minta Kasek Definitif

SMAN 1 Lambu
Kepala KCD Dikbud Bima dan Kota Bima, Anwar Hamzah SH MSi foto bersama dengan guru SMAN 1 Lambu usai rapat di sekolah setempat, Selasa (24/8).

BimaNews.id, BIMA-Guru dan siswa SMAN 1 Lambu menggelar aksi mogok belajar, Senin (23/8). Mereka tidak terima sekolah setempat dipimpin Kepala Sekolah (Kasek) berstatus Pelaksana Tugas (Plt).

"Siapapun Kaseknya, tidak masalah. Asal bukan Plt," tegas guru SMAN 1 Lambu, Syahruddin SPd saat menyampaikan orasi di depan sekolah setempat.

Syahruddin menyayangkan hasil mutasi tersebut. SMAN 1 Lambu sebagai salah satu sekolah favorit, tidak seharusnya dipimpin Plt.

Dia berharap, Gubernur NTB secepatnya mengambil langkah bijak. Agar persoalan ini tidak berlarut-larut hingga berimbas pada proses belajar mengajar siswa.

"Apa susahnya SMAN 1 Lambu dijabat Kasek definitif. Kami minta penetapan Plt ini dipertimbangkan kembali," desaknya.

Aksi mogok belajar siswa dan guru SMAN 1 Lambu direspon cepat Kepala KCD Dikbud Bima dan Kota Bima Anwar Hamzah SH MSi. Dengan menggelar pertemuan dengan guru dan pegawai SMAN 1 Lambu, Selasa (24/8).

"Alhamdulillah, saat ini proses belajar mengajar di SMAN 1 Lambu sudah kembali normal," katanya.

Di hadapan para guru dan pegawai, Anwar berjanji akan menyampaikan tuntutan ini pada Dikbud NTB. Namun, demi kelancaran proses belajar mengajar, diharapkan penetapan Plt bisa diterima.

"KCD sebagai perpanjangan tangan, bukan pengambil kebijakan. Yang jelas, kami tetap berusaha mencarikan solusi dari persoalan ini," terangnya.

Sebagai langkah awal, Anwar meminta guru dan pegawai menerima hasil mutasi tersebut. Jika dalam jangka waktu tiga bulan, Plt tidak memberikan pengaruh bagi SMAN 1 Lambu, pihaknya akan mengusulkan ke Dikbud NTB untuk diganti.

"Kita beri ruang dulu pada Plt untuk bekerja. Kalau tidak mampu nanti kita atensi," tegasnya.

Pada dasarnya, mutasi hal biasa dalam pemerintahan. Itu merupakan hak prerogatif pimpinan. Jangan dianggap sebagai hukuman.

"Mutasi ini bentuk penyegaran. Kita sebagai bawahan harus menerimanya secara arif dan bijaksana," pungkasnya.

Pada mutasi besar-besaran beberapa waktu lalu, SMAN 1 Lambu dipimpin Plt, Nurdi SPd MPd yang sebelumnya Kepala SMAN 3 Sape. Sementara mantan Kepala SMAN 1 Lambu Drs Arifuddin Muhammad jadi guru biasa di SMAN 1 Sape. (jw)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda