Comand Center Diluncurkan, Puluhan Aplikasi Disiapkan Untuk Big Data Kota Bima - Bima News

Senin, 23 Agustus 2021

Comand Center Diluncurkan, Puluhan Aplikasi Disiapkan Untuk Big Data Kota Bima

Peluncuran
Wali Kota Bima H Muhammad Lutfi didampingi Forkopinda menandatangani prasasti menandai peluncuran Comand Center Kota Bima.


BimaNews.id, KOTA BIMA- Setelah tertunda beberapa kali, akhirnya Comand Center diluncurkan. Ke depan, Kota Bima akan memiliki Big Data sehingga terwujudnya Smart City.

Comand Center diresmikan Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi pada Senin (23/8). Setelah sebelumnya direncanakan, bertepatan dengan HUT ke-76 RI.

Dalam sambutannya, wali kota mengatakan Comand Center dibangun dengan waktu yang cukup panjang, yakni 3 tahun.

"Sejumlah aplikasi disiapkan, untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat, " ungkap wali kota.

Politisi Golkar ini mengatakan, tidak mudah untuk membuat satu aplikasi. Tapi harus didukung dengan Sumber Daya Alam (SDM) mumpuni.

"Walaupun tertatih-tatih, kita buat semua aplikasi bisa bersinergi dengan seluruh OPD, tersinkron dengan comand center, " tegas wali kota.

Dari sekian banyak aplikasi yang disiapkan, ada beberapa yang yang paling diunggulkan. Seperti aplikasi e-Lapor, yang mana setiap RT telah dibekali Handphone untuk melaporkan secara langsung apapun yang menjadi keluhan dan masalah di setiap lingkungan.

"Ini hal baru dalam percepatan layanan birokrasi. Termasuk, layanan bagi masyarakat. Apalagi dengan adanya e-Lapor, mendorong seluruh birokrasi untuk melayani seluruh masyarakat, " ujarnya.

Untuk jangka panjang, Comand Center akan membentuk Big Data bagi Kota Bima.

Data akan dikumpulkan dari 28 kelurahan. Data tersebut akan menjadi rujukan dalam pengambilan kebijakan oleh siapapun yang memimpin Kota Bima kedepan.

"Tidak lagi berdasarkan selera kepala daerah terpilih. Tapi ada komitmen untuk menata masyarakat sesuai riil yang ada, " kata wali kota.

Wali kota menambahkan, Comand Center dibentuk benar-benar didedikasikan untuk percepatan dan perbaikan pelayanan publik. Sehingga, pemerintah secara total bisa melayani rakyat.

Sementara itu, Kepala Diskominfotik Kota Bima Drs Sukri MSi menyampaikan, Comand Center menyiapkan 17 Aplikasi yang akan mencover seluruh informasi dari dan untuk masyarakat.

Seluruh aplikasi ini katanya, bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat Kota Bima melalui Bimakota.co.id . Beberapa aplikasi yang telah disiapkan selain e-Lapor, Maps Kobi yang mana masyarakat bisa mengetahui jalur-jalur di Kota Bima.

Kemudian ada pendidikan, masyarakat bisa mengakses informasi yang berkaitan dengan sekolah-sekolah di Kota Bima. Juga ada di bidang kesehatan, yang akan menyajikan informasi bagi masyarakat tentang ketersediaan kamar kosong di RS - RS di Kota Bima. Termasuk, alat dan fasilitas kesehatan yang tersedia.

"Ini adalah Comand Center yang pertama di NTB, " ujarnya.

Launching Comand Center ini kata Sukri, secara Luring dan Daring karena pertimbangan Pandemi Covid-19. Peluncuran Comand Center ini, juga disaksikan Kepala Kominfotik Provinsi NTB dan Kepala Kominfotik daerah lain. Seperti Dompu dan Lombok Timur.

Sementara itu, Kadis Kominfotik Provinsi  NTB Najamuddin Amy saat zoom meeting menyampaikan apresiasi yang luar biasa, kepada Pemerintah Kota Bima. Karena telah mampu membentuk Comand Center.

"Kami apresiasi dengan sangat luar biasa. Tiga tahun bukan waktu yang singkat, untuk merealisasikan pekerjaan besar seperti ini. Kami provinsi, siap mendukung dan membantu Pemerintah Kota Bima, " pungkasnya.

Usai peresmian dan peluncuran, kemudian dilanjutkan dengan peninjauan langsung ruang kerja utama Comand Center.

Wali kota bersama unsur Forkompinda, masuk ke ruangan Comand Center dan memastikan seluruh aplikasi bekerja dengan baik.

Beberapa perwakilan Ketua RTt, juga turut melihat bagaimana laporan mereka melalui e-Lapor dikelola di Comand Center untuk dilanjutkan ke OPD terkait. (tin)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda