Prihatin Kasus Narkoba Marak, Bupati Harap di Dompu Terbentuk BNNK - Bima News

Rabu, 28 Juli 2021

Prihatin Kasus Narkoba Marak, Bupati Harap di Dompu Terbentuk BNNK

Kunker
Pemerintah Kabupaten Dompu saat menggelar rapat terbatas dengan Kepala BNP NTB, Gagas Nugraha beberapa hari lalu.


BimaNews.id, DOMPU-Bupati Dompu Kader Jaelani prihatin dengan maraknya peredaran narkoba di wilayah Dompu. Masifnya peredaran barang haram tersebut sudah merusak tatanan sosial kehidupan masyarakat.

"Kami harap Dompu bisa terbentuk BNNK sendiri. Karena di Dompu saat ini baru status BNK," kata Kader Jaelani saat Kunjungan Kerja (Kunker) Kepala BNP NTB, Gagas Nugraha beberapa hari lalu.

Dengan maraknya peredaran narkoba, seharusnya Dompu sudah memiliki BNNK sendiri. Seperti di wilayah Kabupaten dan Kota Bima.

"Selama ini BNNK Bima membawahi tiga kabupaten, termasuk Dompu," jelasnya.

Kepala BNP NTB, Gagas Nugraha mengapresiasi penyambutan hangat Pemeirntah Kabupaten Dompu. Harapan Bupati Dompu memiliki BNNK sendiri kata dia, akan jadi atensi.

"NTB masuk ranking tiga nasional terkait peran pemerintah daerah dalam pemberantasan Narkoba. Semoga pembentukan BNNK bisa diwujudkan," terangnya.

Di wilayah NTB, peredaran jenis narkoba paling banyak adalah sabu-sabu dan ganja. Bahkan jumlah tahanan kasus narkoba saat ini berjumlah 3.000 orang.

"Separuhnya berprofesi sebagai petani," ungkapnya.

Ditemui terpisah, Kepala Sekretariat BNK Dompu H Julkifli Lubis SSos mengaku, peredaran narkoba di Dompu sudah sangat mengkhawatirkan. Tidak hanya remaja dan dewasa, narkoba juga sudah menyasar anak-anak.

"Sosialisasi bahaya narkoba di SD sudah kita gencarkan tahun ini. Sekolah juga sangat menyambut baik kegiatan ini," akunya.

Sosialisasi narkoba pada usia dini menurut dia, sangat diperlukan. Sehingga dampak kesehatan bagi pengonsumsi narkoba bisa diketahui sejak dini.

"Kita juga menerima rehabilitasi gratis bagi siswa pecandu atau pemakai narkoba. Dengan melibatkan tim dokter yang sudah bekerjasama dengan BNK," pungkasnya. (jw)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda