Formasi CPNS dan P3K Kota Bima Didominasi Tenaga Kesehatan dan Guru - Bima News

Friday, 2 July 2021

Formasi CPNS dan P3K Kota Bima Didominasi Tenaga Kesehatan dan Guru

M Saleh
M Saleh Yasin
 

BimaNews.id, KOTA BIMA- Pemerintah Kota Bima membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) tahun 2021.  Dari data BKPSDM, kuota sebanyak  301 terbagi dalam formasi kesehatan, tenaga teknis dan guru.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bima, M Saleh Yasin mengatakan, dari kuota tersebut, formasi CPNS sebanyak 73 orang. Masing-masing Tenaga Kesehatan (Nakes) sebanyak 57 dan 16 tenaga teknis.

"Sementara kuota P3K sebanyak 228 formasi. Terdiri dari tenaga guru 181 orang, tenaga teknis 81 dan 1 orang untuk tenaga kesehatan," jelasnya, Kamis (1/7).

Untuk mendaftar sebagai CPNS kata dia, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi. Diantaranya, usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun.

"Kecuali pelamar untuk posisi dokter spesialis dan dokter gigi. Mereka bisa mendaftar usia paling tinggi 40 tahun pada saat melamar," jelasnya, Kamis (1/7).

Kemudian ijazah terakhir kata dia minimal S1 dan program studi terakreditasi BAN PT. Kemudian pelamar sebagai tenaga kesehatan harus memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) yang dikeluarkan instansi terkait.

"Indeks Prestasi Komulatif (IPK) nilai minimal 2,50 dan sejumlah persyaratan lain," terang Yasin.

Sementara persyaratan bagi pelamar pada P3K guru jelas dia, tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat atau permintaan sendiri sebagai P3K. Kemudian, tercatat sebagai guru honorer instansi negeri atau guru swasta yang terdaftar dalam Data Pokok Kependidikan (Dapodik) dan lulusan PPG. Usia minimal 20 dan maksimal 59 tahun saat pendaftaran.

"Termasuk memiliki sertifikat pendidikan minimal jenjang pendidikan SI dan beberapa persyaratan lain," beber pria asal Desa Teke, Kecamatan Palibelo ini.

Sedangkan persyaratan bagi pelamar untuk P3K tenaga kesehatan dan tenaga teknis lanjut dia, minimal memiliki kompetensi keahlian berupa sertifikat yang masih berlaku. Termasuk harus ada pengalaman kerja yang relevan dengan jabatan yang dilamar, minimal 3 tahun.

"Paling tidak pernah menjabat sebagai pimpinan pratama, paling tinggi kepala devisi," katanya.

Setelah sejumlah persyaratan dipenuhi,  pelamar bisa langsung mendaftar melalui link https://sscasn.bkn.go.id atau  https://bkpsdm.bimakota.go.id.

"Pendaftaran seleksi dibuka mulai Kamis tanggal 1  hingga 21 Juli. Hasilnya, akan diumumkan tanggal 28 hingga 29 Juli mendatang," tandas alumni Unram ini. (jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda