Bulog Bima Salurkan 868.900 Kilogram Beras Bantuan PPKM Mikro - Bima News

Senin, 19 Juli 2021

Bulog Bima Salurkan 868.900 Kilogram Beras Bantuan PPKM Mikro

Beras
Kepala Bulog  Bima bersama Kadis Sosial, saat menyerahkan beras bantuan PPKM Mikro di Desa Penapali Kecamatan Woha Kabupaten Bima
 

BimaNews.id, BIMA-Bulog Bima menyalurkan bantuan beras PPKM Mikro Tahun 2021,  Senin (17) di Kantor Desa Penapali Kecamatan Woha Kabupaten Bima. Pembagian beras berkualitas medium ini, diharapkan bisa membantu masyarakat yang terdampak pemberlakuan PPKM Mikro selama pandemi Covid-19.

Kepala Bulog Bima, Sawaludin Susanto kepada wartawan menyampaikan, ini adalah program bantuan beras PPKM 2021. Sumbernya dari Cadangan Beras Pemerintah Pusat  (CBP).

"Presiden instruksikan kepada Bulog untuk menyalurkan beras ini kepada 20 juta keluarga penerima manfaat, " ungkap pria yang akrab disapa Anto ini.

Dari 20 juta penerima, 10 juta KPM diantaranya adalah penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) yang selama ini menerima bantuan melalui kantor pos.

10 juta KPM lainnya, merupakan KPM PKH yang selama ini menerima bantuan melalui Bank BRI.

"Artinya, selain menerima bantuan berupa uang tunai. KPM juga menerima bantuan beras PPKM, " jelas Anto.

Untuk Kabupaten Bima, jumlah KPM beras PPKM sebanyak 49.721 orang, dengan jumlah per KPM 10 kilogram. Jadi total beras untuk Kabupaten Bima yang akan disalurkan bersama Dinsos, sebanyak 497.210 kilogram.

"Bulog Cabang Bima sendiri, menyalurkan pada tiga wilayah. Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu dan Kota Bima, " kata Anto.

Untuk wilayah Kota Bima, Bulog Bima menyalurkan bantuan beras kepada 151.169 KPM, dengan jumlah beras 151.690 kilogram.

Sedangkan untuk Kabupaten Dompu, ada 22 ribu KPM, dengan  jumlah beras 220.000 kilogram.

Jadi total yang disalurkan pada PKM pada tiga wilayah Bulog Bima, sebanyak 86.890 KPM, dengan total beras 868.900 kilogram.

Tujuan dari program ini, untuk  meringankan beban masyarakat, akibat diberlakukannya PPKM Mikro.

Kepala Dinsos Kabupaten Bima, Andi Sirajudin memastikan kualitas beras yang disalurkan untuk bantuan PPKM Mikro ini, sangat baik. Apalagi , beras baru saja digiling sehingga sangat layak untuk dikonsumsi.

"Kualitasnya medium dan itu sudah kami pastikan, " tegasnya.

Sementara itu, Bupati Bima Hj Indah Damayanti Putri dalam sambutannya meminta masyarakat Kabupaten Bima memanfaatkan bantuan beras yang disalurkan, dengan sebaik mungkin. Terutama, dalam masa pemberlakuan PPKM Mikro saat ini.

Bupati juga mengajak masyarakat, tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) COVID-19 dalam setiap aktivitas. Apalagi, aktivitas itu dilakukan di luar rumah atau ruang publik.

"Kita bersama kuat, tangguh menghadapi pandemi ini hingga berakhir, " pungkasnya. (tin)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda