Tercatat 115 Tempat Wisata di Kabupaten Bima, Sayangnya Anggaran Penataan Nihil - Bima News

Sabtu, 05 Juni 2021

Tercatat 115 Tempat Wisata di Kabupaten Bima, Sayangnya Anggaran Penataan Nihil

Drs Abdul Haris
Drs Abdul Haris
 

BimaNews.id, BIMA-Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bima mencatat sebanyak 115 destinasi wisata di Kabupaten Bima. Dari jumlah tersebut, hanya tiga tempat wisata yang memiliki retribusi untuk daerah.

Kabid Pemasaran Dispar Kabupaten Bima, Drs Abdul Haris S Sos, tiga tempat wisata tersebut yakni, Pantai Lariti di Kecamatan Sape, Oi Wobo Kecamatan Wawo dan Oi Marai Kecamatan Tambora. Sementara 112 tempat wisata lain, sedang dipromosi. Baik melalui media sosial maupun sebaran brosur atau buku tentang profil wisata.

"Itu bagian langkah kami untuk memperkenalkan objek wisata Bima pada masyarakat luas,"  jelasnya Haris, Kamis (3/6).

Namun, untuk menarik minat wisatawan, tempat wisata harus ditata dengan baik. Sehingga, dibutuhkan bantuan anggaran, baik dari Pemerintah Provinsi maupun pusat.

"Kalau sudah kelihatan indah dan rapi, tentu menjadi daya tarik bagi para pengunjung," bebernya.

Keberadaan tempat wisata di Bima menurut dia, sangat diminati wisatawan lokal maupun luar daerah. Selain sebagai daerah transit, juga memiliki tempat wisata yang menarik.

"Bila dikelola dengan baik, pemerintah bisa lebih banyak meraup Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pariwisata. Masalahnya, anggaran untuk penataan wisata, nihil," keluhnya. (jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda