Pupus Sudah Harapan 519 JCH Kabupaten Bima Bisa Berangkat Haji Tahun Ini - Bima News

Minggu, 06 Juni 2021

Pupus Sudah Harapan 519 JCH Kabupaten Bima Bisa Berangkat Haji Tahun Ini

Ikhwan
Ikhwan Zulkifli SE
 

BimaNews.id, BIMA-Niat  519 Calon Jamaah Haji (CJH) di Kabupaten Bima untuk menginjakkan kaki di Tanah Suci Mekkah, pupus. Dua kali ditunda, membuat CJH yang didominasi petani ini harus berlapang dada.

Kepala Kemenag Kabupaten Bima, melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Ikhwan Zulkifli SE mengatakan, pemberangkatan haji tahun ini kembali dibatalkan.

Pembatalan keberangkatan CJH ini, sesuai Keputusan Menteri Agama, tentang pembatalan pemberangkatan CJH untuk penyelenggaraan haji tahun 2021, akhir pekan kemarin.

"Keputusan ini diberlakukan untuk seluruh Indonesia," jelasnya pada Radar Tambora.

CJH yang gagal diberangkatan tahun ini merupakan jamaah yang dibatalkan tahun 2020 lalu. Karena itu, dia berharap untuk bersabar mengingat Pandemi Covid-19 masih melanda.

Keputusan diambil pemerintah pusat kata dia, demi keselamatan. Khawatir, akan membahayakan para jamaah itu sendiri.

"Semoga virus ini segera berakhir. Sehingga CJH tahun depan bisa kita kirim," harapnya.

Jumlah CJH yang dibatalkan ini dia mengungkapkan, didominasi dari petani. Kemudian kalangan PNS dan swasta. Itu sesuai profesi yang ada pada data pendaftaran.

"Karena mata pencaharian sebagai petani yang paling banyak di Bima. Terutama petani jagung," tutupnya.

Sementara itu, Kementerian Agama RI memastikan uang CJH aman dan diinvestasikan di Bank Syariah yang ada di Indonesia. Jika CJH ingin mengambil biaya keberangkatan haji dibolehkan. Namun pemerintah tetap menyarankan, agar CJH tetap menyimpan untuk tahun berikutnya.

Bahkan terbaru, Pemerintah Indonesia meminta kepada Pemerintah Arab Saudi untuk menambah kuota jamaah haji untuk Indonesia tahun depan karena tahun ini tidak memberangkatkan jamaahnya. (ar)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda