Aktivitas Sekolah dan Rumah Ibadah di Kota Bima Kembali Ditutup - Bima News

Rabu, 16 Juni 2021

Aktivitas Sekolah dan Rumah Ibadah di Kota Bima Kembali Ditutup

Peta Covid
Peta persebaran covid-19  di NTB menunjukkan Kota Bima masih zona merah
  

BimaNews.id, KOTA BIMA-Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi kembali mengeluarkan instruksi penutupan semua aktivitas kemasyarakatan.  Seperti aktivitas di sekolah maupun rumah ibadah.

Pembatasan aktivitas masyarakat ini tertuang dalam instruksi Wali Kota Bima Nomor 209 Tahun 2021, ditandatangani 15 Juni 2021. Berlaku mulai 16 Juni sampai 29 Juni 2021.

Dalam instruksi ini, kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungan RT yang menimbulkan kerumunan dan penularan, ditiadakan.  Bahkan membatasi keluar masuk wilayah RT maksimal hingga pukul 22.00 wita.

Warga juga dilarang berkerumunan lebih dari 3 orang. Begitu juga dengan aktivitas di sekolah dan tempat ibadah ditutup. Aturan ini tertuang dalam point pertama dan dijelaskan pada point ke delapan.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Bima H Abdul Malik yang dikonfirmasi, mengakui pembatasan ini dilakukan setelah Kota Bima dinyatakan sebagai zona merah.

"Memang sudah sepekan dinyatakan zona merah. Tapi pembatasan baru dilakukan sekarang, karena setelah evaluasi bersama Pemerintah Pusat kemarin, " ujarnya.

Malik menjelaskan, ada selisih data covid-19  di Kota Bima dengan yang terupdate oleh pusat. "Jadi kita input ulang data. Nah, dikira data yang kita input itu data baru oleh pusat sehingga dikatakan zona merah, " ungkap Malik.

Sejak ditetapkan sebagai zona merah pekan lalu, Pemerintah Kota Bima kemudian kembali melakukan klarifikasi ke pusat. Saat rapat evaluasi, ternyata data yang telah diklarifikasi belum diupdate sehingga dalam sistem tetap terbaca Kota Bima masih zona merah.

"Sesuai aturan, pusat menginstruksikan kepada 15 daerah yang berzona merah di Indonesia, termasuk Kota Bima untuk melakukan protap pembatasan mikro, " beber Malik.

Meski Wali Kota Bima, sudah mengeluarkan instruksi pembatasan, namun telah ada perubahan yang muncul. Yakni data yang diklarifikasi oleh Pemkot Bima, sudah terupdate oleh pusat.

"Jadi kita akan rapat lagi hari ini, berkaitan dengan telah terupdatenya data baru. Kita sudah zona orange, " pungkasnya. (tin)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda