Air Bersih di Kadole Teratasi, Warga Diminta Kembali ke Rumah Relokas - Bima News

Sabtu, 05 Juni 2021

Air Bersih di Kadole Teratasi, Warga Diminta Kembali ke Rumah Relokas

hj jaenab
Ir Hj Siti Jaenab
 

BimaNews.id, KOTA BIMA-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menegaskan, warga yang sempat pindah, agar kembali menempati rumah relokasi di Kadole. Sebab, ketersediaan air bersih yang dikeluhkan sebelumnya, kini sudah normal.

"Tidak ada alasan bagi warga untuk menempati kembali ke rumah induk, di bantaran sungai. Mereka harus segera ke rumah relokasi," tegas Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Bima, Ir Hj Siti Jaenab, pada media ini beberapa waktu lalu.

Jika permintaan itu tidak direspon, pemerintah akan bertindak tegas. Dengan membongkar rumah di bantaran sungai.

"InsyaAllah dalam waktu dekat kami akan bongkar rumah warga di bantaran sungai. Oleh karena itu, warga disarankan mengemas barang atau peralatan yang dianggap layak pakai," tegasnya.

Untuk penanganan air bersih di Kadole saat ini jelas Jaenab, masih ditangani pemerintah, sebelumnya diserahkan Kelompok Masyarakat (Pokmas). Karena, Pokmas masih diberikan pembinaan khusus.

"Setelah dibina, pengelolaan air kami serahkan ke Pokmas." terangnya.

Selain sebagai pengontrol, Pokmas juga akan menagih iuran setiap bulan ke warga yang menempati rumah relokasi. Uang tersebut digunakan untuk biaya perawatan, termasuk pembayaran listrik.

"Ini tergantung kinerja Pokmas. Kalau efektif bekerja, persoalan air di Kadole bisa teratasi. Jika tidak, pengelolanya kita ganti," pungkas Zaenab. (jul)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda