Tidak Diizinkan Masuk Terminal, Puluhan Bus AKAP dan AKDP Mangkal di Jalan - Bima News

Monday, 17 May 2021

Tidak Diizinkan Masuk Terminal, Puluhan Bus AKAP dan AKDP Mangkal di Jalan

Bus
Sejumlah Bus AKAP dan AKDP sedang menunggu penumpang di jalan sekitar Terminal Tipe A Dara Kota Bima, Senin (17/5).
 

BimaNews.id, KOTA BIMA-Puluhan Bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP) tidak diizinkan izin masuk Terminal Tipe A Dara, Senin sore (17/5). Mereka terpaksa menunggu penumpang  di jalan.

PPNS Bidang LLAJ Terminal Dara Bima, Supratman mengatakan, sejumlah bus  tersebut tidak diizinkan masuk karena dianggap melanggar Surat Edaran (SE) Gubernur, tentang larangan mudik. Pada SE tersebut kata dia, sudah jelas disebutkan dibuka pukul 00.00 Wita, Selasa (18/5).

"Kami tetap mengacu pada SE tersebut. Kalau dipaksakan dibuka, nanti kami yang disalahkan," tegas Supratman.

Soal SE tersebut sudah jauh-jauh hari disampaikan pada seluruh PO bus. Terminal Dara mulai buka Selasa, pukul 00.00 Wita.

"Mereka yang menunggu penumpang di luar terminal itu salah sendiri. Karena kami dari awal sudah sampaikan informasi tentang pembukaan terminal," terangnya.

Sementara Pengurus Oto (PO) Bus Surya Kencana, Ruslin justru mengaku tidak pernah mendapat informasi tentang jadwal pembukaan terminal dari petugas.

"Tidak ada pemberitahuan. Kalaupun ada, kami tidak mungkin izinkan bus beroperasi," bantahnya.

Kendati begitu, pihaknya tetap ngotot mengoperasikan empat unit bus hari ini. Apalagi, para penumpang sudah terlanjur membeli tiket.

"Kalaupun terminal tidak dibuka, kami masih bisa nunggu penumpang di jalan," tegasnya.

Pengoperasian bus hari ini kata dia, tidak melanggar aturan. Karena, bus-bus yang berangkat dari Bima pukul 20.00 Wita. Kemudian tiba di Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa Barat sekitar pukul 00.00 Wita, bertepatan dengan jadwal pembukaan penyeberangan sesuai SE Gubernur NTB.

"Kami langgar aturan dimana? Yang melanggar itu, ketika kami menyeberang sebelum pukul 00.01 Wita," tandasnya. (jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda