Sekda Dompu Blunder, Terbitkan Surat Pemberitahuan Larangan Seleksi Paskibraka - Bima News

Jumat, 21 Mei 2021

Sekda Dompu Blunder, Terbitkan Surat Pemberitahuan Larangan Seleksi Paskibraka

M Ikhsan
Muhammad Iksan
 

BimaNews.id, DOMPU-Beberapa hari terakhir beredar surat pemberitahuan penolakan seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka tingkat Provinsi NTB dan Nasional di Kabupaten Dompu. Surat yang ditandatangani Sekda Dompu, H Moh Syaiun SH MSi itu menuai protes dari berbagai pihak. Mengingat, seleksi anggota Paskibraka merupakan hajat nasional menyambut HUT Kemerdekaan RI.

Pada Surat bernomor: 450/03/Adm.Kesra itu ditujukan kepada Kadis Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB. Menindaklanjuti Surat dari Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB, tanggal 7 Mei 2021, Nomor: 427/147Dispora/V/2021, tentang seleksi Paskibraka Nasional dan Paskibraka tingkat Provinsi NTB Tahun 2021.

Isi surat tersebut, tidak memuat jenis pertimbangan hingga seleksi Paskibraka di Kabupaten Dompu, ditiadakan. Hanya ditegaskan, Pemda Dompu tidak melaksanakan seleksi Paskibraka Nasional dan Paskibraka tingkat Provinsi NTB Tahun 2021.

Sekda Dompu yang dikonfirmasi via WhatsApp belum menjawab terkait maksud dari surat
pemberitahuan tersebut. Begitu juga Kabag Kesra, Drs Tarmizi enggan merespon perihal pertanyaan tentang peniadaan seleksi Paskibraka. Padahal, pertanyaan melalui pesan singkat WhatsApp itu sudah menunjukan centang biru atau sudah dibaca.

Kabag Prokopim Setda Dompu Muhammad Iksan SST MM yang dikonfirmasi mengaku, surat pemberitahuan yang beredar itu, salah. Karena terjadi miskomunikasi antara Bagian Kesra ketika memberikan penjelasan kepada Sekda terkait seleksi Paskibraka.

"Alhamdulillah sudah ada solusi. Surat resmi Pemda Dompu untuk klarifikasi surat pertama sudah diterima pihak Provinsi NTB," jelas Iksan via WhatsApp, Kamis (20/5).

Seleksi anggota Paskibraka jelas dia, tetap diadakan. Hanya saja, proses seleksi tidak digelar di Kabupaten Dompu. Tapi, akan mengikuti seleksi bersama peserta dari Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

"Siang tadi (Kamis) para peserta sudah berangkat menuju KSB," katanya.

Kabag yang akrab disapa Papi Iron ini tidak mengetahui pasti tentang status maupun jumlah peserta yang mengikuti seleksi Paskibraka di KSB. Apakah peserta yang diutus tersebut merupakan hasil penjaringan internal Pemda atau tidak.

"Yang tahu pasti soal itu Bagian Kesra," sebutnya.

Terlepas dari hal itu dia berharap, dukungan dan doa dari masyarakat Dompu. Sehingga pada seleksi tersebut Kabupaten Dompu dapat mengirimkan wakil terbaiknya. Baik untuk tampil ditingkat Provinsi maupun ditingkat Nasional.

 "Kami sangat berharap dukungan dan doa dari semua pihak untuk kesuksesan peserta dari Kabupaten Dompu," tandasnya. (jw)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda