Pelaksanaan Salat Idul Fitri di Dompu Disesuaikan dengan Zona Covid-19 - Bima News

Tuesday, 11 May 2021

Pelaksanaan Salat Idul Fitri di Dompu Disesuaikan dengan Zona Covid-19

Iksan
Muhammad Iksan 
 

BimaNews.id, DOMPU-Salat Idul Fitri di Kabupaten Dompu diperbolehkan dilaksanakan di lapangan dan masjid. Dengan syarat, harus mematuhi protokol Covid-19. Mulai dari memakai masker, membawa sajadah sendiri, menjaga jarak dan lain-lain.

Panduan pelaksanaan salat Idul Fitri, Pemda diterbitkan Surat Edaran (SE), 7 Mei lalu. SE yang ditandangani Bupati Dompu itu menyebutkan, Salat Idul Fitri digelar sesuai dengan tingkat penyebaran Covid-19. Jika wilayah zona merah dan orange, maka dilaksanakan di rumah masing-masing, sesuai fatwa MUI dan Ormas Islam.

Dari data Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Dompu, wilayah dengan zona orange adalah Kecamatan Dompu, Kilo dan Hu'u. Sedangkan Kecamatan Pajo, Woja, Manggelewa, Kempo, dan Pekat berada pad zona kuning.

"Dengan meningkatnya angka pisitif Covid-19 serta mutasi varian baru virus corona, maka pelaksanaan Salat Idul Fitri disesuaikan dengan kondisi wilayah," jelas Kabag Humas Setda Dompu Muhammad Iksan SST MM.

Pada SE tersebut juga menyebutkan, Salat Idul Fitri dapat diadakan di masjid dan lapangan jika dirasakan aman dari Covid-19. Seperti zona hijau dan zona kuning. Dengan syarat, wajib memperhatikan standar prokotokol kesehatan Covid secara ketat.

Panitia Hari Besar Islam (PHBI) pada semua tingkatan wajib berkoodinasi dengan Pemda sebelum menggelar Salat Idul Fitri. Kemudian, malam takbiran keliling ditiadakan. Tapi digelar di masjid dan musala.

"Kegiatan silaturahmi juga sebaiknya dengan keluarga terdekat saja," harap Iksan.

Kabag Kesra Setda Dompu Drs Tarmizi mengatakan, Salat Idul Fitri tingkat Kabupaten Dompu digelar di lapangan beringin Paruga Parenta Nggahi Rawi Pahu. Waktu pelaksanaannya masih menunggu putusan dari Kementerian Agama.

"Salat Idul Fitri digelar di lapangan dan masjid di kecamatan maupun desa/kelurahan. Bahkan pak bupati mengimbau agar tempat pelaksanaan salat Idul Fitri diperbanyak, supaya tidak bekerumun pada satu tempat," harapnya. (jw)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda