Digoyang Gempa 4,9 SR, Warga Ngaku Getaran Terasa Tapi Tidak Panik - Bima News

Sunday, 2 May 2021

Digoyang Gempa 4,9 SR, Warga Ngaku Getaran Terasa Tapi Tidak Panik

 

Gempa
Ilustrasi Google

BimaNews.id,KOTA BIMA-Hari ke 20 Ramadan, Minggu (2/5), warga Kota dan Kabupaten Bima di goyang gempa berkekuatan 4,9 SR sekitar pukul 14.36 wita.

Dari hasil analisa BMKG menunjukkan, gempa bumi berkekuatan 4,9 SR  ini episenternya terletak pada koordinat 9,02 LS dan 119,22 BT. Atau tepatnya, berlokasi di laut pada jarak 41 km Timur Laut Tambolaka - NTT, pada kedalaman 114 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis menengah akibat aktivitas Subduksi. Hasil analisa mekanisme, sumber menunjukkan, gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik dengan kombinasi geser ( Oblique Thrust Fault )

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di Bima. Seperti getaran yang dirasakan beberapa orang dan benda tergantung bergoyang.

BMKG mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Qoriatun warga Kelurahan Tanjung Kota Bima, mengaku kaget ketika tiba-tiba tempat tidurnya bergoyang saat istirahat siang.

"Lagi puasa, istirahat siang, tiba-tiba ngerasain goyangan. Karena kecil saya hanya keluar kamar, tidak sampai keluar rumah, " akunya. (tin)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda