Zainudin Ngaku, Tidak Ada Anggaran Bansos di Disparpora Kota Bima - Bima News

Senin, 12 April 2021

Zainudin Ngaku, Tidak Ada Anggaran Bansos di Disparpora Kota Bima

Zainudin
Zainudin
 

BimaNews.id,KOTA BIMA-Kepala BPKAD Kota Bima, Zainudin memberikan pernyataan yang berbeda soal dana hibah bantuan sosial (Bansos) di Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora). Kata dia, di Disparpora  tidak ada item Bansos.

"Harus dibedakan, mana itu belanja hibah, belanja bantuan sosial dan belanja tidak terduga, " kata pria yang juga anggota dari TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) Kota Bima ini.

Terkait belanja hibah Bansos yang disebutkan pada pemberitaan media beberapa hari terakhir kata dia, tidak menggambarkan APBD Kota Bima. Karena, berdasarkan pedoman penyusunan anggaran, belanja hibah dan Bansos itu tersendiri.

Di Pemerintah Kota Bima jelasnya, belanja Bansos hanya ada pada tiga akun di dua OPD. Pertama, di Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim), kemudian di Bagian Kesra.

Kedua, di Bagian Kesra terdapat dua item Bansos. Yakni  dalam bentuk bantuan individu dan untuk lembaga non pemerintahan atau lembaga lain.

"Bansos individu itu, seperti bantuan untuk mahasiswa yang menyelesaikan studi. Kalau  untuk lembaga, seperti  rumah singgah, " tandasnya.

Dari pemberitaan sebelumnya, dana hibah di Disparpora Kota Bima tertera tulisan belanja hibah yang diperuntukkan pada individu. Disparpora sempat mengatakan, anggaran tersebut untuk hadiah pacuan kuda. Tapi kemudian diralat kembali, tersebut tidak ada dalam DPA Disparpora. (tin)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda