Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem, BMKG Keluarkan Peringatan Dini - Bima News

Rabu, 07 April 2021

Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem, BMKG Keluarkan Peringatan Dini

Peta Siklon Tropis
Peta Sikln Tropis Seroja
 

BimaNews.id,BIMA-BMKG kembali keluarkan peringatan dini cuaca ekstrem, untuk wilayah Bima dan Dompu tiga hari ke depan. Ini sebagai dampak dari Siklon Tropis Senja di wilayah NTT.

Kepala BMKG Bima, melalui Forcaster Andini menjelaskan, sejak Senin (5/4) terpantau pertumbuhan Siklon Tropis Seroja. Tekanan udara 991 hPa di Laut Sawu, sebelah barat daya Pulau Timor (sekitar 75 km sebelah timur Laut Sabu). Dengan kekuatan 40 knots()75 km/jam). Pergerakan angin, ke arah Barat Daya dengan kecepatan 3 Knots (6 km/jam).

Hal ini perlu diwaspadai, karena akan berpotensi terjadi cuaca ekstrem.  Seperti hujan lebat, angin kencang serta gelombang tinggi akan melanda beberapa daerah di Indonesia. Termasuk wilayah Bima Dompu.

Secara meteorologis jelas Andini, Siklon Tropis merupakan badai dengan kekuatan yang besar. Umumnya terbentuk di atas lautan luas dengan masa hidup 3 hingga 18 hari. Siklon Tropis akan melemah dan punah ketika bergerak.  Memasuki wilayah perairan yang dingin atau memasuki daratan.

‘’Siklon Tropis Seroja diprakirakan akan menguat selama 24 jam ke depan. Bergerak ke arah barat daya dengan kekuatan 55 knots (100 km per jam) bergerak menjauhi wilayah Indonesia,’’ jelasnya melalui rilis pers, selasa (6/4) kemarin.

 

Sehingga menyebabkan terbentuknya pola gangguan cuaca. Seperti daerah belokan angin (sheerline), terkumpulnya massa udara basah yang mendukung pertumbuhan awan hujan di wilayah Bima dan Dompu.

 

Diprakirakan tiga  hari ke depan wilayah Bima Dompu masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Dapat disertai kilat atau petir serta angin kencang.

 

‘’Juga disertai gelombang tinggi lebih dari 2 meter di wilayah perairan selatan Bima-Dompu dan Samudera Hindia, Selatan NTB,’’ gambarnya.

 

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada dan berhati-hati terhadap potensi dari bencana Hidrometeorologi. Peka dengan informasi cuaca yang didiseminasikan oleh BMKG. (tin)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda