Rancang RPJMD, Bupati Dompu Isyaratkan Gali Potensi dari Desa - Bima News

Jumat, 30 April 2021

Rancang RPJMD, Bupati Dompu Isyaratkan Gali Potensi dari Desa

Sambutan
Bupati Dompu Kader Jaelani  memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan konsultasi publik Ranwal RPJMD Tahun 2021-2026
 

BimaNews.id, DOMPU-Pemerintah Kabupaten Dompu, Kamis (29/04) melaksanakan konsultasi publik Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026.  Kegiatan yang dihelat di aula Pendopo itu dibuka Bupati Dompu, Kader Jaelani.

Hadir saat itu, Wakil Bupati, Ketua dan Anggota DPRD, Sekda, pejabat eselon II, para Kabag, camat, Direktur RSUD dan Direktur RSU Pratama serta sejumlah Ormas.

Pada sambutannya, Bupati Dompu menjelaskan Ranwal RPJMD adalah penyempurnaan dari dokumen rancangan teknokratik yang telah disusun sebelum pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih. Penyempurnaan tersebut dilaksanakan dengan menjabarkan visi misi kepala daerah dan wakil kepala daerah ke dalam dokumen perencanaan.

"Sesuai amanat Peraturan Mendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang perencanaan pembangunan daerah, tepatnya dalam pasal 48, maka, RPJMD harus diuji melalui forum uji publik," jelasnya.

Visi yang diusung lima tahun ke depan kata dia, terwujudnya masyarakat Dompu yang Mandiri, Sejahtera, Unggul, dan Religius (Mashur). Bupati juga menjelaskan tentang lima misi akan diemban. Mulai dari meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat berbasis potensi lokal yang berkelanjutan. Meningkatkan mutu pelayanan dasar dan pelayanan publik yan transparan, partisipatif dan berkeadilan.

 Kemudian, mewujudkan tata nilai kehidupan yang religius, berbudaya, berpartisipasi dan berkarakter berbasis kearifan lokal. "Untuk memperkuat RPJMD ini telah dirancang Jara Pasaka sebagai program andalan berbasis komoditi unggulan untuk dikembangkan dalam lima tahun ke depan," tandasnya.

Jara Pasaka menurut dia, bukan merupakan komoditi mentah yang tidak bernilai tambah. Akan tetapi dalam mengelolanya, mindset agribisnis perlu dikedepankan dengan memperhatikan potensi desa.

Semua potensi desa lanjut dia, harus dikelola secara cerdas dari hulu sampai hilir. Mulai dari petani, pelaku UMKM, koperasi, Bumdes sampai dengan Perusahaan Daerah. Dengan harapan, mampu mendongkrak peningkatan ekonomi masyarakat.

Memantapkan RPJMD tahun 2021-2026, yang akan disusun Bupati berharap, agar dapat memberikan masukan-masukan yang positif dan konstruktif demi penyempurnaan RPJMD. Begitu juga OPD melalui Sekda diminta untuk proaktif menyelesaikan penyusunan RPJMD.

"Saya harap seluruh perangkat daerah agar menjabarkan visi dan misi Kabupaten Dompu sebaik mungkin," harapnya. (jw)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda