Penuhi Kebutuhan Hewan Qurban, Kabupaten Bima Kirim 12 Ribu Ekor Sapi ke Sejumlah Daerah - Bima News

Jumat, 23 April 2021

Penuhi Kebutuhan Hewan Qurban, Kabupaten Bima Kirim 12 Ribu Ekor Sapi ke Sejumlah Daerah

Ir Mahmud
Ir Mahmud
 

BimaNews.id,BIMA-Sebanyak 12 ribu ekor sapi di Kabupaten Bima akan dikirim ke sejumlah daerah di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan hewan qurban Idul Adha. Pengiriman dimulai sejak 19 April hingga 26 Juni mendatang.

Kabid Agri Bisnis, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Bima, Ir Mahmud MM mengatakan, dari  jumlah itu, 10 ribu ekor Sapi akan dikirim ke Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek). Sedangkan 2 ribu ekor ke Kalimantan, Sulawesi Selatan dan Jawa.

"Pengiriman pertama sudah dilakukan 19 April lalu,  dengan kapal tol laut Cemara Nusantara,"  sebut Mahmud, Rabu (21/4).

Satu kali pengiriman kata dia, kapasitas kapal hanya bisa menampung sekitar 6.500 ekor sapi. Pengiriman 12 ribu ekor Sapi itu akan berlangsung 9 kali.

Bila ada yang tersisa, pengiriman menggunakan kapal layar atau kapal rakyat. "Itu sudah menjadi Standar Operasional Prosedur (SOP) pengiriman hewan yang kami lakukan setiap tahun," beber alumni Universitas Mataram (Unram) ini.

Sapi-sapi yang dikirim ini kata dia, paling banyak dari Kecamatan Monta.  Jumlahnya mencapai sekitar 65 ribu ekor. Kemudian dari Kecamatan Madapangga, Bolo dan Woha.

"Kalau dari kecamatan-kecamatan lain angkanya puluhan ekor," ujarnya. (cr-jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda