Hasil Panen Padi Melimpah, Serapan Bulog Bima Tahun ini Meningkat - Bima News

Monday, 26 April 2021

Hasil Panen Padi Melimpah, Serapan Bulog Bima Tahun ini Meningkat

Beras

Stok beras di Gudang Bulog Bima dari serapan hasil panen petani tahun sebelumnya.

BimaNews.id,KOTA BIMA-Hasil panen di Bima dan Dompu tahun ini melimpah. Ini terbukti dari serapan Gabah Kering Giling (GKG) oleh Bulog Bima yang melesat tinggi dibanding tahun sebelumnya.

Kepala Bulog Bima, Sawaluddin Susanto yang dikonfirmasi Senin (26/4) menyebut, hingga tanggal 26 April 2021 pihaknya sudah menyerap GKG sebanyak 10.655 ton.

Angka ini jauh lebih banyak, dibandingkan tahun sebelumnya , hanya 8.000 ton. "Alhamdulillah tahun ini lebih banyak.  Dana yang sudah digelontorkan Bulog Bima untuk beli gabah mencapai Rp 56 miliar rupiah, " sebut pria yang akrab disapa Anto ini.

Anto juga merinci, daerah yang paling banyak menyerap gabah petani. Pertama di Bulog Madapangga, kedua di Bulog Dompu dan yang terakhir di Bulog Jatiwangi.

Dari tiga gudang Bulog ini, asal gabah bisa dari daerah sekitar. Seperti di gudang Bulog Madapangga, gabah tidak hanya berasal dari petani di Madapangga, tapi juga dari kecamatan lain.

Dengan banyaknya serapan gabah tahun ini, Anto memastikan stok beras untuk wilayah Dompu, Bima dan Kota Bima saat ini aman. Sebanyak 9.500 ton.

Harga pun tambah Anto, terpantau stabil karena didukung panen raya. Sehingga meskipun menjelang Idul Fitri, tidak terjadi gejolak harga.

"Pasar murah juga kita buka di Dompu, sudah dua kali. Peminatnya banyak dan kami targetkan empat kali digelar selama ramadan ini, " pungkasnya. (tin)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda