Bulan Ramadhan, Ketua GOW Dompu Hj Siti Faridah Target Tiga Kali Khatam Alquran - Bima News

Monday, 26 April 2021

Bulan Ramadhan, Ketua GOW Dompu Hj Siti Faridah Target Tiga Kali Khatam Alquran

Hj Siti Faridah
Hj Siti Faridah
 

BimaNews.id, DOMPU-Satu diantara amalan yang dianjurkan di bulan suci ramadhan adalah memperbanyak membaca Alquran. Selain pahalanya berlipatganda, ramadhan merupakan bulan dimana Alquran pertama kali diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad.

Amalan itulah yang dilakukan Hj Siti Faridah, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Dompu. Istri Wakil Bupati Dompu ini mengaku, selalu mentargetkan khatam Alquran tiga kali setiap ramadhan.

"Setiap ramadhan, saya target tiga kali khatam Alquran," kata Siti Faridah saat ditemui di kediaman beberapa waktu lalu.

Diusia 52 tahun, ibu empat anak ini tidak pernah bosan tadarus Alquran. Sebagai umat Islam menurut dia, dianjurkan memperbanyak membaca Alquran. Baik di bulan ramadhan maupun di bulan lain.

"Kalau bulan ramadhan kita memang diharuskan untuk rutin baca Alquran. Karena pahalanya berlipat ganda," tutur wanita kelahiran Kota Bima, 31 Desember 1969 ini.

Alumni MAN 1 Bima (Sekarang Kota Bima) tahun 1988 ini menjelaskan beberapa tips  untuk bisa khatam Alquran. Kata dia, tidak perlu menghabiskan banyak waktu. Cukup istiqomah dan disiplin menjaga waktu, pasti bisa khatam Alquran selama satu bulan.

"Untuk bisa tiga kali khatam, sehari saya harus menyelesaikan bacaan 30 lembar atau  tiga juz," terangnya.

Tiga juz kata dia, dibaca setelah salat fardhu. Masing-masing  satu juz setelah salat subuh, sebelum berbuka dan  satu juz setelah salat tarawih.

"Jika Istiqomah sehari  bisa tiga juz, maka kita bisa khatam tiga kali selama ramadhan," terangnya.

Selain pintar membaca Alquran, Siti Faridah juga memiliki suara yang merdu. Bahkan semasa kecil, Siti Faridah pernah mengikuti MTQ tingkat Provinsi NTB.

"Waktu itu saya masih SD. Kegiatan MTQ di Kecamatan Sape," tutur putri kelima dari tujuh bersaudara buah pernikahan Nur Amin dan Siti Aminah ini. (jw)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda