10.520 Warga Kota Bima Terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan - Bima News

Thursday, 29 April 2021

10.520 Warga Kota Bima Terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan

Rahman Hidayah
Rahman Hidayah
 

BimaNews.id,KOTA BIMA- Tercatat 10.520 orang warga Kota Bima, terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bima. Dari jumlah itu terbanyak merupakan karyawan yang bekerja di perusahaan formal. Jumlahnya sekitar 5.000 orang.

"Seperti karyawan cafe, tempat makan, koperasi dan lain-lain," sebut Kepala BPJS cabang Bima, Rahman Hidayah, Selasa (27/4).

Kemudian kepesertaan yang bekerja pada jasa konstruksi, seperti pekerja proyek. Jumlahnya sekitar 3.000 orang.

Sedangkan peserta mandiri  sebanyak 2.500 orang. Mereka merupakan pekerja Bukan Penerima Upah (BPU). Melakukan kegiatan secara mandiri untuk memperoleh penghasilan. Misalnya petani, wirausaha, ojek dan lain-lain.

Sisanya sekitar 20 orang merupakan peserta dari Pekerja Migran Indonesia (PMI). "Jumlah peserta BPJS dari PMI ini menurun. Penyebabnya, karena pandemi Covid-19, sehingga mereka tidak bisa keluar negeri," katanya.

Mendaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan itu sebutnya, sesuai Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 1 Tahun 2016. Tentang tata cara penyelenggaraan  program jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian dan jaminan hari tua bagi peserta bukan penerima upah. (bm-7)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda