Supaya Tepat Sasaran, Dinsos Kota Bima Perbaiki Ribuan Data Warga Penerima Bantuan - Bima News

Minggu, 07 Maret 2021

Supaya Tepat Sasaran, Dinsos Kota Bima Perbaiki Ribuan Data Warga Penerima Bantuan

bantuan Sosial
Ilustrasi (Google)
 

BimaNews.id,KOTA BIMA-Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bima memperbaiki 6.596 data penerima bantuan sosial di masa pandemi. Agar bantuan yang disalurkan tidak salah sasaran.

Perbaikan itu sesuai surat Kementerian Sosial diterima Dinsos Kota Bima belum lama ini. Perihal perbaikan data Nomor Induk Keluarga (NIK) penerima beberapa jenis bantuan sosial.

Kabid Penanganan Fakir Miskin (PFM) dan Kelembagaan Dinsos Kota Bima H Iksan mengaku, saat ini tenaga lapangan sedang digenjot agar segera mendata dan mengecek kembali data yang ada.

Pendataan disesuaikan dengan kondisi terkini, berdasarkan by name by addres. Artinya jelas Ikhsan, petugas akan mendatangi setiap rumah penerima bantuan berdasarkan NIK untuk diverifikasi faktual di tempat.

"Tim kami terdiri dari operator, tenaga pendamping serta instansi terkait, saat ini sudah turun ke lapangan. Sedangkan tenggat waktu perbaikan data sampai tanggal 8 Maret ini. Tapi akan diperpanjang sesuai kondisi, bila ada data perbaikan lagi," jelasnya, Jumat (5/3).

Beberapa data penerima bantuan yang akan dikroscek di lapangan nanti sebut Ikhsan, yaitu penerima manfaat kategori BST, Bansos Pangan dan PKH dengan jumlah keseluruhan sebanyak 6.596.

“Pendataan kembali ini tidak hanya di Kota Bima, tapi berlaku di seluruh Indonesia sehingga membutuhkan waktu dan proses,” katanya.

Masyarakat yang akan didata, diminta koperatif dan transparan akan kondisi yang ada. Sehingga proses pendataan bisa cepat dan efisien.

“Sehingga bisa rampung cepat dan segera dikirim ke pusat,” pungkas Ikhsan. (tin)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda